Saturday, July 16, 2011

Bau Tangan?

Namanya juga jadi ibu baru, sejak awal melahirkan, Meta hobi banget gendong dan nimang-nimang Naya. Para penjenguk yang ngeliat, pasti langsung bilang, “Duh Metaaaa, Naya jangan digendong-gendong terus gitu, takut bau tangan, kamu sendiri yang bakal repot”. Atau “Met, ntar manja lho anakmu, dikit-dikit nangis minta gendong, dikit-dikit nangis minta ditimang-timang”

Dan yang ngomong kaya gini bukan cuma satu-dua orang aja tapi BANYAK. Meta jadi penasaran bau tangan ini apaan sih? Apa maksudnya Naya bakal berbau kaya bau tangan Meta kalo digendong terus?

Setelah nanya-nanya, Meta baru tau kalo bau tangan ini adalah istilah yang dipake kalo bayi engga mau dilepas dari gendongan. Minta digendong terus. Tidur di gendongan, tapi begitu ditaro di tempat tidur atau boks bayi, langsung rewel lagi. Pokoknya engga berenti-berenti minta digendong. Nah konon, penyebab dari bau tangan ini adalah karena seringnya sang bayi digendong-gendong sejak lahir.

Is that true?

Pertamanya, Meta engga ambil pusing sama sekali. Ni orang-orang ribet amat sih. Anak juga anak Meta, yang susah hamilnya Meta, yang susah ngelahirinnya Meta, kenapa sibuk sendiri. I was thinking that way:D Lagian, Meta engga tega –dan engga mau- ‘ngediemin’ tangisan Naya, beneran deh denger anak nangis tuh rasanya sedih banget hiks. Eh Meta engga lebay lho ini:p Tapiii kalo dipikir-pikir MUNGKIN ada benernya juga sih. Mungkin karena kebiasaan digendong, nanti bayi jadi minta digendong terus. Nah kata orang-orang inilah cikal bakal dari anak manja. Hmphhh.. Terus gimana? Meta engga mau Naya jadi anak manja huhuhuhu.

Akhirnya browsing-browsinglah Meta. Hasilnya?Dari berbagai source, Meta bisa nyimpulin kalo ‘bau tangan’ ini cuma mitos. Anak manja ‘belajar’ untuk berlaku negatif buat ngedapetin apa yang dia mau. Misalnya, pengen boneka, merengek-rengek sampe nangis histeris biar akhirnya dibeliin. Tapi bayi terlalu muda untuk bisa ‘memanipulasi’ perilakunya buat ngedapetin yang dimau. Nangis, rewel buat bayi itu adalah caranya untuk ngomong sesuatu ke kita. Entah engga nyaman karena kepanasan, popoknya basah, laper, berisik dll. Justru kalo kita merespon dengan cepat waktu bayi nangis –dengan pelukan dan gendongan, hell yeah:p-, kita membangun sense of self-worthnya. Membangun rasa percaya diri, rasa percaya ke ibu, dan rasa nyaman. Keliatannya simple ya? Eh tapi efeknya besar lho. Otak bayi bakal nanem kepercayaan ke ibu dan ini akan terus ada sampe gede.

Ah leganya Meta:) Ngaku, sebenernya Metalah yang butuh buat gendong-gendong Naya:p i need to hug her, i need to be close to her, to be beside her. I need to make sure that she is owkay and feel secure. When she is, then i am too:)

Siapa lagi yang berani-beraninya ngelarang Meta gendong-gendong Naya? Yang repot bukan situ kan? –after all, Meta engga ngerasa direpotin sama sekali kok. I need it, remember?-

5 comments:

fuzzydesi said...

Hidup gendong, Met!!! Bau tangan cuma mitos, setuju banget! Dan pengalamanku sih, dulu Mentari selalu harus digendong supaya nyaman.. sekarang ga betah digendong :-)

Meta Hanindita said...

Betul des! hrs dinikmati masa2 ini hehe, sbntr lg udah ga mau digendong2 hiks:(

pinkan said...

Sama met!! I couldn't agree with u more!!:) Klo baby qta nangis n g cpet direspon akibatx stres n kadar kortisolx meningkat n ngeganggu pembentukan sinap2 neuron2 d otak...:(

Queserrayunda said...

Hai mbak, salam kenal.. :)
Aku juga selaluuuuu digituin sama orang sekitar bilang anak ku bau tangan. Tapi bener kata mbak, mana tega sih liat anak nangis2 ga nyaman trus kita nggak gendong. Toh semua ada masa2 nya kok, dan juga bau tangan itu sebenrnya membuktikan kalo ikatan batin anak dan ibu nya bener2 kuat. :D dan anak kita bener2 nyaman sama
Kita..

Anonymous said...

Pasti yg nulis blm punya anak deh, terlalu naif dan dibuat2 :) . Semoga cobain rasanya gabisa ngapa2in seharian

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...