Monday, May 25, 2009

Deteksi3

Cuap Cuap
Bikin Pengin Keluar Negeri

Waktu dengar Meta Hanindita bikin buku, aku jadi penasaran sama bentuk buku yang dibuat oleh penyiar. Eh, ternyata nggak salah milih MetaMorphosis jadi bacaan. Habisnya, tiap kali baca pengalaman yang dituangkan Meta ini, aku ngerasa terhibur banget. Eits, bukan berarti bahagia gara-gara Mbak Meta sering banget nyasar di jalan. Tapi, ngebayangin jadi backpacker yang berpetualang ke negeri orang sendirian emang nggak ada duanya. Aku juga mau tuh kalau dapat kesempatan mengunjungi Amsterdam, Munich, dan Copenhagen, pokoknya tur keliling Eropa deh. Ah dasar Meta, di Paris pun masih aja ngalamin kejadian konyol. Itu lho, waktu Meta kejebak di dalam phonebooth, nggak bisa buka pintunya. Untung aja tuh ada yang bantuin.

Dina Octaviani, SMAN 21 Surabaya

Buku Favorit : Kambing Jantan (Raditya Dika)

Ratting : 4

---

Belajar Istilah Kedokteran

Sip, tepat banget nih. Habis UTS alias ujian tengah semester terus dapat bacaan ringan plus berisi. Yang bikin buku ini beda adalah selipan-selipan istilah kedokteran di dalam ceritanya. Wajar dong, Meta kan dokter. Makanya, banyak pakai istilah kedokteran. Nggak pusing bacanya, soalnya di bagian bawah ada catatan kaki berisi penjelasan dari istilah-istilah itu. Misalnya, epigastrium sinistra itu digunakan buat nyebut bagian perut sebelah kiri atas. Terus, hypoxia itu artinya kekurangan oksigen. Ehm, jadi keren kan? Soalnya, Meta ngerti istilah-istilah di bidang kedokteran. Ada lagi nih pelajaran yang bisa diambil, jadi dokter itu nggak segampang dan seenak yang dibayangin orang-orang. Nanti deh kalau sudah menjalani baru tahu bahwa seorang dokter itu kudu bener-bener bisa survive. Wah, salut sama Mbak Meta!

Ardian Ramadianto, Unair

Buku Favorit : Da Vinci Code (Dan Brown)

Ratting : 4

---

Kagum dengan Cerita Uti

Buku-buku fiksi adalah bacaan favoritku. Apalagi yang bergenre teenlit. Namun, MetaMorphosis bikin aku mengubah persepsi itu. Yup, buku nonfiksi ternyata bisa menarik buat dinikmati. Apalagi, pengalaman-pengalaman hidup Meta yang lucu, asyik, aneh, dan bisa diambil hikmahnya. Meta nggak bisa bedain kanan dan kiri, itu nyata. Tapi, dengan caranya sendiri, Meta berusaha ngatasin kekurangan itu. Terus, kebiasaan Meta yang suka datang on time, bahkan lebih awal, itu benar-benar patut ditiru. Malu juga kan kalau bangsa kita terkenal bangsa ngaret. Hm, perjumpaan Meta sama si Uti juga cukup menyentuh. Kita suka lupa buat bersyukur. Padahal, di sekeliling kita banyak orang yang kurang beruntung, tapi mereka lebih tegar.

Debby Febrina Arifin, SMAN 5

Buku Favorit : Angels and Demons (Dan Brown)

Ratting : 4

---

Fakta Aneh tapi Nyata

Kali pertama baca buku ini, aku langsung bertanya-tanya. Beneran nih kisah nyata. Wow! Dahsyat banget ada orang yang sepelupa Meta. Belum lagi pengalamannya dia yang sehari-hari jauh dari kata-kata normal. He he he... Misalnya aja, kejadian PDA ketinggalan di dalam freezer. Kalau buat orang lain sih kedengerannya nggak masuk akal. Tapi, buktinya bisa tuh kejadian sama seorang dokter seperti Meta. Ada juga cerita tentang Meta yang lupa bawa mobil. Namun, malah sibuk nyari mobilnya keliling parkiran. Duh, aku cuma bisa geleng-geleng kepala sambil ngakak. Eits, nggak hanya kejadian konyol aja yang bisa kita dapatkan. Di dalam buku ini juga diceritain gimana perjuangan dan suka duka jadi seorang mahasiswa kedokteran.

Arsetyo Rahardhianto, ITS

Buku Favorit : Laskar Pelangi (Andrea Hirata)

Ratting : 4

---

Bahasa Enak Dibaca

Membaca buku ini dari halaman pertama nggak kerasa banget deh. Tahu-tahu sudah habis sampai halaman terakhir. Cerita-cerita kocak yang dialami Meta bisa jadi obat stres. Sedangkan pengalaman pas Meta dapat kesempatan belajar di Denmark menarik buat disimak.

Aku jadi membayangkan gimana asyiknya bisa belajar sekaligus berlibur di negara empat musim itu. Hm, kelebihan lain dari buku ini adalah penggunaan bahasanya. Meta menulis cerita-ceritanya dengan santai. Seakan-akan kita itu adalah teman dekat Meta yang lagi dicurhatin olehnya. Ngalir begitu aja, aku jadi merasa sudah jadi sahabatnya Meta lho. He he he... Ternyata emang bener pas ketemu, orangnya friendly kayak bukunya.

Gita Gowinda Avia Feiz, SMAN 1 Surabaya

Buku Favorit : Chicken Soup (Jack Canfield)

Ratting : 4



No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...