Monday, October 3, 2016

Teaser #Mommyclopedia

Salah satu alasan yang membuat saya agak jarang update blog akhir-akhir ini adalah karena kesibukan terkait dengan buku terbaru. Saya excited banget deh nih mengerjakan proyek yang satu ini.

Setelah #PlayAndLearn yang diterbitkan tahun lalu, saya sebenarnya tidak berencana untuk membuat buku lagi dalam waktu dekat. Selain karena masih belum tahu harus menulis atau membuat buku seperti apa, saya disibukkan dengan rencana untuk bersekolah lagi. Boro-boro sempat deh kayaknya:p

Tapi mungkin karena kesukaan pada menulis begitu besar, satu hari di tengah tahun lalu tetiba saya terpikir untuk membuat buku semacam Dummy for Parenting 101. Terus terang sebagai dokter spesialis anak, saya sering banget mendapat pertanyaan serupa dari para orangtua. Mulai dari "Kok bayi saya beratnya turun setelah lahir?", "Boleh tidak sih ibu menyusui mengecat rambut?", "Bagaimana kalau jadwal imunisasinya terlambat?", "Kapan anak saya boleh dikasih makan?", "Makan apa harusnya?", dsb dsb.

Inginnya sih saya menuliskan Frequently Asked Questions dari orangtua ini sampai 5 tahun pertama. Tapi ternyata jadinya banyaaaak banget. Yang ada, malah malas melihatnya juga:)) Akhirnya, saya pecah saja menjadi 0-1 tahun pertama. InsyaAllah, akan ada seri-seri berikutnya kok.


Yang membuat buku ini berbeda adalah konsepnya. Penuh warna, penuh ilustrasi, padat dan ringkas. Saya memang sengaja membuat seperti itu supaya lebih menarik dan lebih mudah dipahami. Saya tahu banget kalau orangtua baru super sibuk. Apalagi ibu-ibunya. Jangankan membaca buku, kadang-kadang buat mandi saja susahnya minta ampun!

Selain itu, buku ini juga dilengkapi oleh aplikasi yang bisa didownload di  Playstore dan Appstore. Intinya sih, saya ingin mempermudah orangtua mendapatkan informasi yang benar (menurut medis) dengan mudah, dimana saja, kapan saja. Tinggal scan QR code yang ada di halaman buku, kita bisa langsung terhubung ke aplikasinya.

Untuk aplikasinya pun begitu. Misalnya ya, tinggal masukkan tanggal lahir anak, kita bisa langsung mendapat email reminder setiap kali jadwal imunisasi. Praktis ya?

Karena memang niat dan tujuannya adalah untuk mengedukasi para orangtua menjadi lebih bijak dalam merawat anak (tahu kapan saatnya tenang atau panik, kapan harus membawa anak ke dokter, kapan bisa di rumah saja, dll), saya tidak mengambil banyak laba dari buku ini. Jadi jangan khawatir, insyaAllah harganya masih sangat terjangkau.

Update lainnya, buku saya ini diterbitkan oleh Gramedia. Kenapa saya memilih Gramedia? Bukan penerbit kecil lainnya seperti buku-buku sebelumnya? Kembali ke tujuan awal saya membuat buku ini. Saya ingin Mommyclopedia lebih terjangkau oleh semua orangtua seluruh Indonesia:)

Oh ya, untuk launching memang masih tanggal 12 November. Tapi, bisa ikutan pre-order yang dibuka Selasa besok lho! Buku Mommyclopedia ini akan dijual seharga Rp. 86.000,00, dan bisa dibundling dengan merchandise seharga Rp. 150.000,00.

Merchandisenya berisi pouch Mommyclopedia, serta barang-barang printilan yang pasti akan dibutuhkan seperti thermometer, obat merah, tissue basah, cotton buds, kapas, gunting kuku, hand sanitizer. Engga mahal kan?:D

Merchandisenya sangat terbatas. Jadi siap-siap kalau berminat yaaa! Langsung follow Instagramnya: @mommyclopedia, dan stay tuned di blog saya ini.

I am so excited! Tapi agak deg-degan juga sih hahaha, seperti biasa. Wish me luck!




2 comments:

Atiqoh Hasan said...

Buat calon manten buku ini juga boleh dibaca, kan, mbak? :)))

Meta Hanindita said...

Boleh dooong;)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...