Monday, October 24, 2016

Berburu Buku Dini Hari

Sekitar sebulan yang lalu, saya mendapat informasi kalau Big Bad Wolf, sale buku besar-besaran, akan diadakan di Surabaya. Sebagai seseorang yang suka sekali membaca, mendengar kabar itu tentu saja sangat menyenangkan. Segera saya masukkan jadwalnya ke dalam organizer. Pokoknya tak boleh ketinggalan!

Sumber: Google

Beberapa waktu lalu saat BBW ini diadakan di Jakarta, saya sampai berniat untuk pergi pulang pergi ke sana hanya untuk mengikuti acara tsb. Sayangnya, saya sudah terlanjur ada acara setiap weekendnya. Mau cuti saat weekdays, tak bisa juga karena baru saja cuti. Ya sudahlah, mungkin memang belum berjodoh.

Big Bad Wolf ini menjual banyak sekali buku impor, mulai buku anak sampai buku klasik. Untuk pencinta buku, wajib deh datang ke sini!


Menurut info yang saya dapat, Big Bad Wolf ini sebetulnya berawal dari Malaysia. Penggagasnya pasangan suami istri pemilik toko buku yang sering berburu buku diskonan dari luar negeri seperti UK dan USA. Saya belum mendapat info sih apakah Big Bad Wolf yang diadakan di Indonesia ini semacam "franchise" dari yang di Malaysia, atau memang Big Bad Wolf yang asli dari sana. Yang jelas, harga buku yang dijual memang sangatlah murah. Sekitar 80-90% lebih murah. Lumayan banget kan?

Saya sebetulnya mendapat kesempatan preview pass atau diperkenankan hadir terlebih dahulu di hari pertama. Sayangnya, karena kesibukan saya luar biasa akibat ada acara akreditasi di rumah sakit, jadilah kesempatan emas ituterpaksa harus saya lewatkan. Setiap hari selama akreditasi, saya berangkat pagi dan baru sampai rumah menjelang Maghrib. Beberapa kali meniatkan diri ke sana, kok ya selalu adaaaa saja penghalangnya. Mulai ada demo sehingga jalanan super macet, suami tetiba ada panggilan operasi, saya yang tetiba pula ada panggilan operasi, dan demikian seterusnya tak henti-henti.

Maka itu ketika suami mengajak pergi ke sana hari Minggu dini hari, tepatnya jam 2, saya iyakan saja dengan semangat. Padahal saya harus siaran pagi setelahnya hehe. Tapi kapan lagi coba? Mengingat lahan parkir di sana sangat terbatas dan jalan menuju Jatim Expo termasuk daerah macet, sepertinya memang jam-jam tak normal seperti dini hari inilah yang cocok digunakan kalau ingin mengeksplorasi lebih enak. Oh ya, Big Bad Wolf ini buka 24 jam non stop sampai dengan tanggal 31 Oktober. Untuk masuk ke area ini tidak dipungut biaya!

Saat sampai sana, memasuki gedung saya terpesona dengan tumpukan buku impor (baru dan original pula) yang disusun dengan sangat rapi. Ada beberapa kategori di sana. Mulai buku anak-anak, young adults, fiction, non-fiction, references, art/craft, cookbook, music, sports, dll. Buku anak-anaknya pun dikategorikan lagi menjadi beberapa bagian. Buku bacaan, buku aktivitas, buku stiker dll. Menyenangkan deh melihatnya. Oh ya, saya salut deh dengan mbak dan mas karyawan di sana. Mereka bekerja keras sekali untuk mengatur semua buku agar tetap nyaman dilihat dan dicari. Buku yang terkadang tak jadi dibeli lalu diletakkan di sembarang tempat misalnya, dengan sigap akan mereka ambil untuk dikembalikan ke tempatnya semula.

Saya sudah berjanji pada diri sendiri untuk tidak (terlalu) kalap. Namun, hati ini tak kuat rasanya menahan godaan, apalagi dengan seuntai nama "Enid Blyton" di atas buku. Hahaha, saya memang peinta berat buku-buku beliau sejak dulu.

Buku anak-anak yang dijual di sana sangat banyak pilihannya dan bagus. Saya sampai pusing memilihkan banyak buku buat Naya. Suami? Jangan ditanya. Lebih kalap lagi dari saya. Buku-buku mengenai olahraga (satu hal yang sedang menjadi favoritnya saat ini) banyak yang dimasukkan keranjang olehnya:))))

Selain untuk Naya dan diri sendiri, saya juga menyempatkan diri melongok ke bagian art/craft untuk mencarikan mama buku mengenai perhiasan. Mama saya memang suka sekali crafting. Sekarang, yang sedang menjadi fokus kesukaannya adalah membuat perhiasan sendiri.

Sekitar 2 jam kami habiskan untuk berburu buku di Big Bad Wolf ini. DI jam 2 dini hari, tidak terlalu ramai walaupun kami sebenarnya kaget juga. Ternyata lumayan banyak orang yang berniat sama dengan kami, datang ke sana jam 2 pagi. Ada juga yang masih memakai piyama lho hahaha.

Ada beberapa tips dari saya untuk yang ingin mengunjungi Big Bad Wolf ini nih!
1. Sebaiknya hindari jam-jam yang "normal". Saya membayangkan betapa tak nyamannya jika berburu buku sambil berdesak-desakan dan mengantri panjang. Datang malam sekali atau pagi sekali untuk kenyamanan yang lebih.
2. Siapkan debet Mandiri. Di venue tidak menerima pembayaran dalam bentuk apapun selain debet Mandiri. Ada juga pilihan cash namun terbatas hanya sampai 150 ribu rupiah saja.
3. Gunakan pakaian yang nyaman. Suasana venue cukup sejuk, tapi kalau saya sih kedinginan hehe. Mungkin karena saat ke sana sedang tidak terlalu banyak orang ya. Untungnya saya membawa pashmina yang bisa sedikit menghangatkan. Lebih nyaman lagi menggunakan flat shoes atau flat sandals.
4. Bagi yang ingin membawa anak, gunakan stroller supaya lebih praktis.
5. Tak perlu kelaparan saat berburu buku, ada berbagai pilihan makanan di venue kok. Kita bisa menitipkan sementara belanjaan di sana sebelum melanjutkan berbelanja kembali.
6. Banyak-banyak istighfar supaya tak lapar mata dan kalap:p

Ini hasil belanjaan kami:

Baru part 1 sih, karena belum puas:D
We will be back, for sure!

3 comments:

dc shoes indonesia said...

maksih infonya yahh

Wulan Dari said...

Ngiriiii.... ku hanya bisa pake jasa titip :)

Anisa Ae said...

waw... kapan diadakan di Malang ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...