Thursday, September 22, 2016

Makassar Day 4-5-6

Saya sengaja memposting perjalanan di Makassar dua hari terakhir ini secara rapelan. Harap maklum di hari ke-4, saya mulai dilanda stress luar biasa sampai tak sanggup rasanya kalau harus membuka laptop untuk menulis blog.

Salah satu alasan mengikuti PIT di Makassar ini karena saya terpilih menjadi finalis Makalah Penelitian Unggulan atau Young Researcher Award. Sejujurnya, saya mengikuti lomba tersebut hanya karena kewajiban dan sama sekali tak mengira akan lolos menjadi finalis. Dari sekian banyak makalah, finalisnya hanya ada 10 orang se-Indonesia. Engga mungkin saya kan ya? Amanlaaaah.

Karena itu juga, saya sempat shocked saat pertama kali mendapat email notifikasi pemberitahuan lolosnya saya sebagai finalis. Waduh, bagaimana iniiii? Penelitian yang saya lakukan itu sudah 2-3 tahun lalu, dan saya sudah tak ingat sama sekali. Tambah panik lagi karena saat final, saya harus mempresentasikan di depan orang banyak dan siap ditanya-tanya alias disidang.


Kepanikan saya belum berakhir, apalagi saat menyetor file presentasi, ternyata file saya tidak compatible dengan laptop panitia. Layout-nya jadi acak-acakan, animasi tak bergerak, warbiyazak deh rasanya:))) Aturannya memang peserta tidak boleh menggunakan laptop sendiri. Sehingga, jadilah seharian penuh saya berusaha membuat file baru yang kira-kira bisa cocok dengan laptop panitia. Sudah terbayang belum stressnya?

Setelah berkutat sedemikian lama dibantu oleh panitia, akhirnya panitia (dan saya) menyerah. Diapakan pun tetap tak bisa-_-" ALhamdulillah, panitia mengijinkan saya menggunakan laptop pribadi untuk presentasi. Syukurlah saya juga sudah menyiapkan berbagai printilan seperti kabel adaptor untuk LCD sampai bluetooth wireless clicker milik sendiri.

Teman-teman yang lain hari itu mengajak saya berjalan-jalan. Tapi namanya juga sedang stress, saya lebih memilih mengunjungi Trans Studio Mall untuk mencari makan. Kenapa jauh? Sekalian meredakan stress hahaha. Letaknya agak jauh dari pusat kota, tapi dari sekian pusat perbelanjaan yang saya datangi selama di Makassar, mall inilah yang terbaik menurut saya. Layoutnya mirip dengan Trans Studio Mall Bandung. Selesai makan, saya kembali ke hotel untuk mendampingi PPDS yang maju presentasi oral dan poster.

Menjelang Maghrib, barulah saya dan beberapa orang dokter spesialis anak lainnya rapat UKK atau Unit Kerja. Sampai malam sekali lho, saya setengah mati menahan kantuk sambil tetap deg-degan hahaha.

Keesokan paginya, stress saya semakin menjadi-jadi. Saking mulasnya, saya agak terlambat datang ke tempat lomba. Panas dingin segala soalnya hehe.

Saya mendapat giliran ke-7 untuk presentasi. Selama menunggu giliran, tangan saya sudah berkeringat dingin dan dagdigdug tak karuan. Target saya sih sebetulnya tak tinggi-tinggi amat. Yang penting, jangan memalukan nama baik Unair. Itu saja. Alhamdulilah, terlewati juga. Pengumuman pemenangnya sendiri baru dilaksanakan saat upacara penutupan keesokan harinya. Namun saya merasa sudah memenuhi target saya sendiri jadi lebih santai daripada hari-hari sebelumnya.

Malam itu, ada acara makan malam UKK lagi. Wah, sampai larut malam! Padahal saya mau janjian bertemu dengan Tato dan Vaya , teman SMA yang sedang di Makassar juga, Tapi apa boleh buat, acara tsb selesai larut malam, dan saya sudah tak kuasa menahan terpejamnya mata.

Hari terakhir di Makassar, saya sibuk packing. Teman-teman lainnya heboh sekali karena bawaan sebelumnya beranak pinak hahaha. Ada yang tadinya datang membawa sekoper, pulang jadi membawa 5 koper, belum termasuk 2 kardus oleh-oleh. Ampun deh! Saya sih tenang saja, karena tak berbelanja apapun selama di Makassar. Dari Surabaya hanya membawa ransel dan satu koper kecil,pulang pun tetap demikian.

Kemudian saya mengikuti simposium sampai selesai, dan sampai ke acara penutupan. Kaget sekali sewaktu sedang sibuk dan asyik selfie sana-sini (ketahuan tak konsentrasi:p), saya mendengar nama lengkap saya disebut dan diminta ke atas panggung. Alhamdulillah, ternyata saya terpilih menjadi juara 1 Makalah Penelitian Unggulan alias Young Researcher Award. Happy banget pastinya:D


Lebih happy lagi ketika ternyata Unair mendapat beberapa penghargaan lainnya, sampai menjadi juara umum. Alhamdulilllaaaaah.

Selepas upacara penutupan, kami langsung terburu-buru ke bandara untuk segera terbang ke Surabaya. Thank you Makassar, see you later!:)

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...