Thursday, June 16, 2011

Gettin Ready!

Kurang lebih masih 3,5 bulan Naya mulai MPASI perdananya. Tapi sebagai ibu yang selalu semangat 45-baca:kurang kerjaan:p-Meta udah mulai browsing2 dan hunting2.

Pertama, metode MPASI mana yang mau dipake. MPASI konvensional atau BLW alias Baby-Led-Weaning yang sekarang lagi ngetrend.

(Buat yang pengen tau soal BLW lebih detail, sila klik disini.)

Sebenernya semua ada sisi positif dan negatifnya masing-masing. Kalau pengen ga ribet, BLW emang paling TOP. Apalagi kalau pengen ngajarin anak bisa makan sendiri sejak dini. Tapi, di sisi lain MPASI konvensional menurut Meta si relatif lebih aman yaa, secara Meta harus bersekolah dan ga bisa stand by nemenin Naya makan, i dont want to take any risk. Kalau -amit2- sampe tersedak, ga ada Meta kan berabe huks. Makanya setelah pertimbangan masak2, browsing dan hunting sampe jereng *lebaynya kumat*, diputuskanlah MPASI yang akan dipake Naya, adalah MPASI konvensional.

Next, hunting peralatannya:)
Yang sekarang lagi Meta cari adalah iniiii sodara2:
(Yang pengen tau dimana tempat jual paling murahnya sila hubungi Meta, kalo ditulis disini ntar dikira promosi)

1. Pigeon Baby Food Home Maker

Kayanya ini barang wajib punya deh. Fungsinya lengkap soalnya. Ada grinder, parutan, saringan dll. Merknya ada banyak sebenernya, tapi yang affordable dan bagus juga merk ini.
Oke suami, mari kita beli barang ini!:D

2. Slow cooker Takahi 0.7 L

Banyak yang merekomen barang satu ini buat bikin bubur,ngetim, ngelunakin daging, dll. Praktis pula, tinggal cemplung barang2, trus tinggal tidur malem, paginya jadi deh, siap disantap:D Merk slow cooker pun banyak di pasaran, tapi Takahi terbukti tahan lama dan -lagi2- affordable. *emakpelit* hehehe.

3. Feeding Set

Seperangkat alat makan dari piring, gelas sampe sendok. Macem2 pula merknya. Jangan lupa pilih yang food grade ya biar aman. Kalo Meta beli Ikea Mata. Alesannya? Lucu sih, dan tentu sajaaaa ga mahal hehehe.

4. Ice tray with cover

Ini gunanya buat nyimpen kaldu. Jadi, sekali lagi, karena Meta harus bersekolah dan pengen bikin kaldu sendiri buat Naya, rencananya sih gini, Meta bikin kaldu seminggu sekali saja, terus dibekuin pake alat ini. Jadi tiap mau masak, nannynya tinggal cemplung2in aja:D

Banyak yang jual baby cubes dengan kisaran harga 120-150 ribu, tapi karena pengen irit, Meta sih pake ice tray aja. Jauuuuh lebih murah. 30 ribu kebawahlah pastinya. Sama aja kok fungsinya:D

5. Talenan kecil, pisau kecil, panci kecil.
Buat masaklah jelas, dan harus dipisahin sama punya kita biar lebih higienis hehe.

6. Hand blender.

Buat bikin puree buah, atau ngancurin sayur dll.

7. Kotak2 makanan kecil.
Ini kepake buat nyimpen makanan bayi. Merknya macem2, tupperware, lock and lock, rubbermaid, yang penting food grade:D

8. High Chair
Meta ga mau Naya makan sambil jalan2 atau harus digendong, nonton tv dll. Yang namanya makan ya harus di meja makan, ga disambi ngapa2in lagi. Thats why, high chair ini tmasuk esensial.

Stelah browsing2, ingin hati sih membeli high chair yang ini:


Tapi harganya ahaaaaay, gak gak gaak gak kuaaat *ala 7icons*, jadilah pilihan berpindah antara ini:


Yang bisa dijadikan:


Atau, yang ini:


Selesaaaai! Seribet-ribetnya, kalau mau dibawa praktis juga bisa praktis kok:D
Ah ya, Meta juga udah beli dan hunting resep2 MPASInya, jelas tanpa gula dan garam:D

Next: belajar masaknya! Apa ini dialihkan ke papanya aja ya? Hmphhh.. wekekekekek:p

3 comments:

Anonymous said...

high chair-nya merek apa tuh bun?

Andika Nugraha said...

Like this post very much!!! Metaaa, yang dibuat buku cerita mulai dari naya ada dalam kandungan mpe berapa bulan gituuuu.. Trus nti buat lagi pas usia balita kali ya??? Jadi buku meta bisa sekaligus jadi referensi buat new mom..

Fitrina said...

Setuju sama Mom Andika, saya penggemar berat Mba Meta dan bebi Naya, ni blog jd refrensi saya setiap saya kebingungan dengan tumbang anak saya yg masih 4 bln :)
semangat menulis mba Metaaaa... :*

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...