Wednesday, June 15, 2011

FAQ: Asip


Gara-gara foto tabungan Asip yang meta posting sebelumnya, Meta jadi kebanjiran pertanyaan dari orang2.

Macem2 sih, mulai dari makan apa aja, pompanya apa, beli botolnya dimana, gimana cara nyimpennya, sampe berapa lama bertahannya asip sampe ga expired.

I'm glad to share! Sekalian aja meta post di blog deh yaa..

1. Makan apaan sih Met?
Oke, this is the same question I (were) asking to every breastfeeding mother. Jawabannya pun beraneka ragam. Yang standard, daun katuk, kacang tanah,pare, kacang polong, tahu, sari dele, segala macem sayuran hijau, susu. Yang ga standard, sari kurma, fenugreek, habbatussauda, sampe bahan2 yang sudah difabrikasi semacam molocco, asifit, laktafit, asi ibu, dll.

Meta nyobain semua lho! SEMUA! Apakah ada hasilnya? Well, unfortunately, buat meta, kalaupun ada, ga signifikan2 banget.

Jadi yasud, meta cuma makan makanan yang bergizi, seimbang nutrisinya (dan BANYAK hahaha, I ate like godzila! A mad and hungry godzila), plus minum yang banyak.
Suplemen2 yg udah meta beli masih tersimpan rapi di meja:D

Percaya ga percaya, booster yang paling ngefek buat meta adalah Quickly rasa taro pearl milk tea sama silverqueen, sodara2. Hehe entah cuma sugesti apa bukan, tapi meta ngerasa gitu. Atau bisa juga karena makanan dan minuman itu fave Meta, jadi bisa naekin mood. Mood itu berpengaruh sekali lho ke produksi asi:D

2. Pompa apa yang dipake?

Seperti yang pernah meta ceritain di post sebelumnya, meta punya 3 pompa. Pigeon yang kaya balon, pigeon manual sama medela swing. Awal2 waktu hasil pompa asi meta cuma berkisar 5-15cc saja, pigeon manual yang kepake banget. Tapi sekarang, andalan meta adalah medela swing.

Meta lagi belajar marmet nih. Kayanya membantu banget kalau bisa merah pake tangan. Cuma udah latian bolak/i sambil nonton video tutorial dari youtube, masih aja belom bisa2:(

Semoga bakalan bisa deh ya:)

3. Gimana nyimpennya?

Asip itu bisa disimpen di botol kaca atau plastik khusus asip. Dimana belinya? Googling aja deh, banyak kok sekarang online shop yang jual. Atau sila kunjungi websitenya AIMI. Lengkap lhoo:D

Pengen yang irit? Gampaaang, tinggal pake botol uc1000 ajaa atau hemaviton1000. Cuci bersih, steril, siap dipake deh:D tutupnya bisa beli di apotik, atau kalau mau lebih irit lagi, pake tutup bekas fruit tea aja, cukup kok:D

Ada ibu2 yang nyimpen asip pake plastik gula juga. Meta sih ga rekomen ya, kalau bocor berabe soalnya. Biarpun udah dilapis, tetep aja yang namanya bocor pasti bakal ada yang kebuang.

4. Gimana cara nyimpennya dan bertahan berapa lama?

Bertahan berapa lamanya tergantung dari tempat penyimpanan asip.

Di suhu ruang 79°F / 25°C 4-6 jam
Ruangan ber-AC 66-72°F / 19-22°C 8-10 jam
Insulated cooler / icepacks 60°F / 15°C 24 jam
Refrigerator (fresh milk) 32-39°F / 0-4°C 2 hari
Frozen Milk (Do not refreeze! Store at back, away from door/sides)
Freezer kulkasi 1 pintu 2 minggu
Freezer kulkas 2 pintu 3-6 bulan
Deep freeze 0°F / 19°C 6-12 bulan
Nah karena meta sengaja beli deep freezer, artinya tabungan asip meta bisa bertahan 6-12bulan.

5. Met, kalo disimpen gitu emang masih bagus kualitasnya?

Yaa, emang yang terbaik adalah yang fresh. Tapi sekurang2nya nutrisi asip, masih lebih bagus daripada susu formula:D

6. Musti berapa jam sekali mompanya?

Sesering2nya. Rata-rata 3-4jam sekali sih ya. Kalo Meta mompa tiap 2 jam. Itu diluar jam menyusui. Jadi kalo Naya minta nyusu sebelum 2 jam, yaa dibagi deh. Kiri disusuin, kanan dipompa, vice versa, gituuuu teruuuus.

Karena prinsipnya produksi asi kan supply and demand, jadi semakin banyak dipompa/disusuin, semakin banyak juga produksinya:D

7. Musti mulai kapan nyetoknya?

As soon as possible:D
Meta mulai mompa asi sejak hari pertama sehabis melahirkan. Biarpun keluarnya total cuma beberapa tetes aja, jangan patah semangat yaa, merdeka!

Itu kayanya FAQ tentang Asip. Meta juga masih sama2 belajar dan berusaha buat increasing my milk supply kok. Huks, doain yaaa semoga dikasih Tuhan kesabaran, ketelatenan dan asi yang banyaaaaak banget, amin.

Ah ya, kalau masih ada yang mau ditanyakan, please do contact me. Will be very happy to help:D

1 comment:

Sasa said...

halo met.. mau tanya, kl beli deep freezer tuh dmn ya? harga brp? thx..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...