Sunday, May 22, 2011

Perjuangan Part 2

Di judul sebelumnya, Meta udah cerita tentang 'perjuangan' sehabis melahirkan sampai akhirnya dibolehin pulang dari rumah sakit.

Nah, baru 3 hari di rumah, Naya kuning lagi. Secara klinis sih masih baik, minumnya pinter (dan banyak), gerak tangisnya kuat, pup-pipisnya juga sering. Setelah dicek bilirubinnya, ternyata malah jauh lebih tinggi dibanding sebelumnya. Jreeeeng, 24,58 sodara2!

Meta jadi panik banget, karena biasanya, pasien-pasien di RSDS tempat Meta belajar jadi spesialis anak, harus ditransfusi tukar (exchange transfussion) kalo bilirubinnya diatas 20.

Meta pernah bantu ngelakuin transfusi tukar ini ke salah satu bayi, dan ga tega banget deh. Apalagi ke anak sendiri:(

Ga cuma itu, Meta juga kepikiran efek hiperbilirubin ini yang bisa merusak organ2 kaya mata, telinga atau bahkan otak. Tambah stress, apalagi karena sang suami malah harus dinas ke Selong, NTB sana selama 2 bulan. Huks. Nangis terus deh tiap hari:p
Lagi2, I'm on my own:)

Meta juga mulai maksain diri buat nyetir sendiri kemana2, walaupun ternyata SIM habis masa berlakunya hahaha (Sssst,pak polisi, maaf yaaa, kepepet nih!)

Ah ya, setelah dicek, DSAnya menganjurkan Naya untuk difototerapi lagi. Double-fototerapi. Waktu itu diagnosanya adalah breastfeeding jaundice yang kemudian berubah menjadi breastmilk jaundice.


--> Naya difototerapi (lagi)

Fototerapi 3x24 jam cuma menurunkan bilirubin Naya jadi 15. Akhirnya ditambah sampai 5x24 jam. Kasian, Meta suka ga tega ngeliat Naya difototerapi sampe meraaaaah banget kulitnya. Kepanasan kali ya.

Karena Meta keukeuh ngasih Asi buat Naya, selama Naya difototerapi di RS, Meta juga ikut:p
Meta nungguin Naya disebelah inkubatornya, ga ngambil kamar sendiri(karena ga ada kamar, penuh).

Yaaa untungnya Meta terbiasa tidur di meja pas lagi tugas jaga RS, no big deal,apalagi yang dijagain anak sendiri:D. Asi eksklusif pun jalan terus biar banyak orang yang bilang mustinya jangan pake Asi kalo kuning. Tapi Meta (berdasarkan browsing2, baca jurnal2 dan nanya2 ke senior) keukeuh pake Asi pokoknya:D

Masalah muncul setelah Naya didouble-fototerapi hari ke2. Karena panas, kebutuhan cairan Naya meningkat jauh. Jadi yang biasanya sekali minum cukup 20-30cc, sekarang masih kurang. Karena Meta ga bisa nyusuin langsung, Asi pun jadi ga mencukupi kebutuhan Naya. Huhuhu. Semua orang udah bilang pake sufor aja sementara, tapi Meta tetep ga mau, walaupun bingung juga gimana caranya.

Percaya ga sih, sampe lecet2 Meta gara2 terlalu maksain mompa.

Untunglah, Meta keinget tentang donor ASI. Kebetulan, waktu Naya masih di rumah, Meta minta kunjungan konselor laktasi dari AIMI yang banyak ngajarin macem2. Tanya ke mbak Mira (nama konselor yang ke rumah Meta waktu itu), dapetlah calon donor Asi. Tapi ternyata batal, karena sepupu Meta yang sama2 baru ngelahirin bersedia jadi donor Asi Naya. Fyuuuuh, lega deh langsung. Akhirnya Naya bener2 bisa Asi eksklusif:)

Karena terakhir dicek bilirubin Naya sudah 10, pulanglah kita dengan harapan untuk yang terakhir kalinya Naya opname.

Doa Meta belum terkabul ternyata, karena hari ke 20, Naya keliatan kuning (lagi) dan bilirubinnya malah naik jadi 26,99! Untunglah kali ini, mama Meta dateng. At least, ada yang bisa Meta ajak diskusi (fyi, sang suami di Selong sana susaaaaaaah banget dihubungin karena sinyal yang kutu kupret susahnya).

Difototerapi lagi untuk 6x24jam, dan kali ini diagnosa berubah jadi Crigler Najjar syndrome type2. Huhuhuhu, percaya deh Meta stress stengah mati. Tanya sana/i. Sampe sok kenal sok dekat ngimel Jack Newman segala hahaha. Bener2, apapun dilakuin kalo buat anak:)

Sama seperti sebelumnya, Meta nemenin Naya diopname tanpa punya kamar sendiri.
Kayanya ini yang bikin berat Meta turun 13kg dalam waktu seminggu deh:D Syukur Alhamdulillah, ga pake sakit:)

Setelah hampir seminggu didouble-fototerapi (lagi), Meta pulang, dan berdoa semoga opname Naya kali ini bener2 jadi yang terakhir.

Tapiiii..lagi2 belum terkabul sodara2, karena selang 3 hari, Naya kliatan kuning lagi dan harus difototerapi (lagi). Karena sampai saat itu Naya belum pernah diimunisasi, takut ketularan yang aneh2 di RS, diboyonglah alat2 fototerapinya ke rumah Meta. Naya difototerapi di rumah:)

Sedih rasanya, apalagi karena Naya kayanya trauma. Setiap difototerapi kan ditutupin matanya, jadi tiap matanya ditutup langsung nangis teriak2. Tapi yaaa gimana lagi, demi kesehatan Naya juga:)

Sampe sekarang lho, kalo Naya dipakein baju yang harus dimasukin dari atas kan otomatis ada saat dimana matanya ketutup walaupun sebentar, pasti langsung nangiiiiis. Huhuhu beneran trauma. Maaf ya nak, hiks:(

Hampir seminggu difototerapi, Naya dicek lagi darahnya. (Percaya ga, tiap Naya diambil darah, Meta yang nangis lho hahaha. Padahal biasanya juga ngambilin darah bayi). Hasilnya alhamdulillah bilirubinnya cuma 9, tapiiiiii.. Jreeeng, Hbnya 8 teman! Dan dari HDT alias hapusan darah tepi hasilnya anemia normokrom normositer, dan ada bentukan sferosit sama target cellnya. Meta yang tadinya udah seneng2, langsung drop lagi. Anemia hemolitik dong? Huhuhuhu. Thallasemia kayanya ga mungkin, ga ada turunannya. Sferositosis herediter juga engga deh. Inkompabilitas ABO jelas engga, golongan darah Meta sama Naya O kok. Yang jelas, Meta stress ga karuan.

Akhirnya, Meta pinjem slide HDTnya dan dicek ulang. Ternyata anemia hipokrom normositer. Akhirnya Naya disuspect hypothyroid, dicek fungsi thyroidnya normal. Dicek fungsi hatinya, siapa tau neonatal hepatitis ternyata normal juga.Kasian deh, diambil darah terus tiap hari. Tapi karena hasilnya normal, langsung legaaaaa huaaaa. Bener2 deh, perjuangan yang makan ati terus:p

Alhamdulillah sekarang Naya sehat, ga kuning lagi, minumnya banyak banget, beratnya juga naik terus. Udah ya nak, ga usah ke RS lagi! Kecuali kalo jadi dokter:p *ngarep* hahahaha.

1 comment:

puji said...

saluuutttt bgt deh mbak.... :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...