Friday, May 20, 2011

Perjuangan part 1

Mumpung anak kecil lagi tidur, Meta bisa nulis2 lagi deh ni:D

Sehabis melahirkan, banyak orang yang tau gimana keadaan Meta selama hamil bilang:"Akhirnya berakhir juga 'perjuangan'mu Met!“

Really? Ah engga juga.Malah menurut Meta, perjuangan baru saja dimulai:D

Karena sejak hamil Meta udah berniat ngasih Asi eksklusif, waktu melahirkan, diputuskan untuk dirawat satu kamar (rooming in) sama Naya selama di RS.

Alhamdulillah Asi meta langsung keluar dengan lancar dan berlimpah, sampai netes kemana2:D

Karena abis operasi, otomatis Meta masih ga bisa ngapa2in selain tiduran. Duduk aja ga bisa lho, kasian ya:p

Jadi kalo Naya -yang ditaro di inkubator di sebelah bed-nangis, Meta musti minta tolong orang lain buat ngambil Naya. Atau buat gantiin popok kalo Naya pup/pipis.

Apesnya, karena emang lahirnya Naya maju jauh dari perkiraan, banyak keluarga yang ga bisa dateng buat nungguin Meta. Ada yang sakit juga,termasuk sang suami yang sakit mata dan dilarang keras oleh istrinya ini untuk masuk kamar Naya:p Jadi, I'm really on my own.

Kalo Naya nangis, Meta musti manggil perawat dulu pake interkom buat bantuin. Masalahnya, perawatnya cuma ada 1, di lantai 2, sementara kamar meta di lantai 6. Sering kejadian, Naya udah nangis lama, perawatnya baru dtg. It could take even 20minutes:( sementara Meta yg persis di sebelah Naya cuma bisa dengerin tangisannya tanpa bisa berbuat apa2. Sedih banget rasanya.

Kamar tempat Meta dirawat ga punya jam besuk, jadi yang nengok Meta (dan Naya) terus2an ga berhenti dari jam 6 pagi (beneran lho ini) sampe jam 11 malem. Meta sih awalnya seneng2 aja karena ngerasa ada yg nemenin, ngerasa bnyk yg perhatian:D tp tnyata ini jg yg memicu baby blues syndrome.

Percaya deh, kondisi badan yang capek, stress dari sebelum operasi, belum bisa tidur sama sekali (Meta dibius lokal dan ga mau ditidurkan karena mau menyusui dini), ditambah asi eksklusif (meaning kapanpun Naya nangis minta nyusu,Meta harus siap sedia), sendirian di kamar , ngurus naya sendirian ditambah dengan 'harus' nemenin para tamu yang buanyaaak banget bikin meta jadi tambah stress dan capek. Untung alhamdulillah Asi Meta masih lancar, padahal konon stress itu musuhan banget deh sama Asi:p

Yang paling bikin stress adalah kalo Naya nangis minta nyusu sementara Meta harus nemenin tamu. (I have to, ga ada org lain lagi kan, inget?:p)

Sungkan juga buat bilang kalo meta mau nyusuin, takut dipikir ngusir secara halus:p akhirnya acak2anlah jadwal nyusuin naya:(

Pertamanya, Meta msh nerima2 aja, apalagi request jam besuk meta ditolak dengan alasan 'sungkan' sama yang mau besuk. Okelah, toh ga tiap hari juga melahirkan. Besok2 masih bisa istirahat,pikir Meta.

Meta emang bs menolerir, tapi ternyata Naya yang ga bisa:(
Hari ke4, Naya rewel banget, ga kaya biasanya. Kliatan haus tapi ga mau nyusu, dan berlangsung seharian:( Meta panik banget, dan diceklah darah naya. Hasilnya, CRP alias tanda infeksi/inflamasinya tinggi (kemungkinan paling besar yaa dari pembesuk).

Setelah itu, meta udah ga mau toleransi lagi. Langsung minta jam besuk dan minta dengan sangat smua yg dateng nurutin jam besuk.
Ga peduli deh meta dibilang sombong, I'll do my best for my kid.

Meta juga maksain buat jalan sendiri biarpun masih tertatih2, buat ngapa2in sendiri biar gampang. Karena Naya harus difototerapi (bilirubinnya waktu itu 14) di lantai 2, dan kamar Meta di lantai 6, Meta bolak/i ditanya apa msh mau lanjut Asi? No doubt, jawabannya adalah ya! Walaupun repotnya masyaAllah, tapi bismillah, asal sabar dan telaten, Meta yakin pst bisa.

Jadilah tiap Naya nangis, perawat di lantai 2 nelpon Meta di lantai 6, dan Meta berlari2 ke lantai 2 buat nyusuin Naya:) Itu terjadi hampir tiap 1,5jam sekali hahahaha. Kalo dipikir2 sekarang kok bisa ya Meta kuat, ampir seminggu lho kaya gitu:) tapi bener deh, kalo niat karena Allah dan ngasih yang terbaik buat Naya, buktinya bisa tuh:)

Setelah difototerapi, bilirubin Naya turun juga dan akhirnya kita boleh pulang. Horeeeee! Selesaikah akhirnya? Oh belum, masih bersambung kisahnya teman, hahaha. Next chapter ya, biar ga kepanjangan:)

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...