Thursday, May 26, 2011

Asi-booster



Dalam rangka menyukseskan program Asi eksklusif buat Naya*halah*, sejak Naya umur beberapa hari, Meta udah rajin memompa ASI. Lebih tepatnya tiap 2 jam sekali. Itu engga termasuk waktunya Naya nyusu lho ya. Kebayang ya meta udah kaya zombie skrg:p

Awal2, sekali mompa meta cuma bisa dapet 5ml sodara2, sangat memelas dan mengkhawatirkan. Sempet dag-dig-dug juga sih, bakal cukup ga ya ni buat Naya.. Tapi emang Allah maha besar, produksi Asi emang sebanding dengan kebutuhan Naya. Waktu lambung Naya masih seukuran kelereng, Asi meta yang keluar tiap dipompa ya cuma 5-10ml aja. Itu pun dengan perjuangan maksa2 mompa sampe lecet:p

Tapi makin lama, makin Naya gede dan kapasitas lambungnya naek, makin naek juga jumlah perahan Asi meta. Pokoknya sama dengan kebutuhan Naya deh, ga kurang alhamdulillah:)

Tapiiii, karena sebentar lagi cuti meta abis dan harus balik bersekolah lagi *hiks*, ga kurang itu masih belum cukup. I need more! Buat disimpen di freezer, simpenan pas meta masuk sekolah.

Akhirnya segala daya upaya pun dilakukan buat memboost Asi.
Daun katuk, pare, bayem, segala macem sayuran hijau jadi santapan tiap hari. Ga cuma itu, meta juga ikutan minum moloco, sari kurma, habatussauda, sampe fenugreek yang konon bs meningkatkan produksi Asi.

Hasilnya? Hiks, kok menurut Meta sama2 aja ya, ga meningkat sampe gimanaaa gitu, tapi tetep aja harus disyukuri karena sampe sekarang, meta bisa 'nabung' Asi perahan sekitar 80an botol. Still, I need more! *manusia emang ga ada puasnya* :p

Kalo ditanya, yang mana yang ngefek met? walah ga tau ya, soalnya smua meta makan sih ehehe.

Masih jauh perjuangan biar Naya lulus s1 asi eksklusif (6 bulan), smoga meta dikasih kesabaran, ketelatenan,plus hadiah asi yang banyak sama yang di atas, amiiiin.
Pengennya sih bisa sampe 2 taun, doain yaaaa!:)

ah ya, kalo ada yang tau gimana caranya boosting up asi, mau dooong bagi2 tipsnya;)

2 comments:

di. said...

hahahha,, teruskan perjuanganmu mbak!!!
aniway, salut lho lagi sibuk sekolah, masi ttp kekeuh buat buah hati tercinta,,

mata said...

Wah, baru tau ASI bisa dipompa segitu banyak. Ckckkc... Jd kebayang repotnya ibuku dulu yang juga sambil kuliah... :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...