Saturday, May 14, 2011

Asix

Jujur, pengakuan nih: Meta dulu selalu mikir kalau Asi itu banyak dipilih oleh mereka yang ga mampu beli susu kaleng. Didukung oleh banyaknya iklan susu kaleng yang lucu-lucu di media, Meta malah sempet survey susu kaleng merk apa yang mau dipake kalau punya anak nanti.

Apalagi orang-orang di sekitar Meta juga sibuk promosi susu kaleng yang mereka pake sendiri.

"Susu ini aja, nambah berat badannya cepet lho" atau "Pake susu ini anakku jadi pinter"

Ga heran, Meta jadi bingung buat nentuin susu kaleng mana yang bagus.

Ada hikmahnya juga browsing2 tentang susu kaleng, karena akhirnya Meta tau susu mana yang paling bagus buat anak. Yup, Asi alias air susu ibu:)

Kandungan Asi berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan tiap anak. Asi juga mengandung IgA yang berperan pada kekebalan tubuh, mengurangi resiko terjadinya alergi, asma, dan banyak penyakit lainnya. Masih banyak deh keunggulan Asi, kalo mau japri Meta aja ya:D

Bukan cuma itu, masih ada bonusnya juga: ga perlu repot2 steril alat2 minum, ga perlu mahal2 beli susu kaleng, selalu siap sedia kapanpun dibutuhin.

Akhirnya, Meta memutuskan untuk ngasih Asi eksklusif. Ngejelasin ke keluarga adalah langkah selanjutnya, soalnya banyak cerita gagalnya Asi eksklusif adalah kurang dukungan/support dari orang terdekat.

Alhandulillah suami sama keluarga Meta malah ngedukung banget:)
Perlatan tempur mulai breastpump (sampe 3 biji!), bantal menyusui, breast shield buat nampung Asi, plastik penampung Asi, cooler bag, ice gel, botol2 kaca buat nyimpen Asip semua dibeliin hehe.

Tapi ga segampang itu menyusui, karena emang butuh niat kuat sekaliiii. Bayangin, pas masih usia harian, Naya bisa minta nyusu sejam sekali, dan setiap nyusu bisa sampe setengah jam. Artinya, Meta harus siap nyusuin Naya tiap jam dan cuma bisa istirahat setengah jam aja. Belum lagi kalau pas growth spurt. 24 jam Naya nempel nyusu ke Meta, sampe ga bisa mandi, makan apalagi tidur.

Untunglah Meta termasuk orang yang keras kepala dari dulu:p sekali Asi ya Asi, kecuali Allah berkata lain yaaa.

Ga mulus juga sih niat ngasih Asi ini, adaaaa aja yang meragukan.

Babysitter meta yang pertama selalu bilang kalau Asi Meta jelek, ga ada isinya karena Naya lapeeer terus, minta nyusu ampir 24 jam (padahal lagi growth spurt), dan dia sempet2nya bilang Meta ibu yang egois, maksain ngasih Asi padadal Asinya ga cukup, dan anaknya kelaperan.

Hasilnya? Cukup 5 hari saja dia bekerja, karena udah meta cut. :D

Mama malah nawarin beliin susu kaleng karena mikir Meta milih Asi biar irit. Bahkan masih ada beberapa susu kaleng di rumah sekarang hehehe.

Waktu di RS pun, Naya dikira kuning karena kurang Asi (padahal engga) dan sempat disuruh ganti susu kaleng. Belum lagi masalah nipple-cracked yang pernah kjadian. Aduh, sampe nangis2 lho Meta. Sakitnyaaaa huhuhuhu. Sampe berdarah2 dan Naya ga mau nyusu. Pait kali ya rasanya. Akhirnya beberapa hari itu meta pompa Asinya. Hiks. Banyak tantangannya deh. Tapi alhamdulillah Naya masih Asix sampe sekarang:)

Bikin Asi banyak pun perjuangan lho. Meta yang dasarnya ga suka makan 'kepaksa' jadi makan terus demi banyaknya Asi. Apapun Meta makan deh. Meta yang udah jadi vegetarian lebih dari 10 taun pun mengalah demi Naya huehehehe. Sejak hamil sih stop jadi veggienya:D
Pare dijus yang paitnya amit2 pun Meta minum. Apapunlah, buat Naya:)

Karena Meta bukan ibu rumah tangga yang bisa full time di rumah (hiks), dari sekarang pun udah rajin mompa tiap 2jam skali buat simpenan Asi pas udah selesai cuti.

Ga gampang bangun tiap 2 jam sekali buat mompa, apalagi kalo punya anak kecil yang rajin ngajak melekan:D

Kalau nyusuin Naya di sebelah kiri, yang kanan Meta pompa, dan seterusnya. Alhamdulillah, udah lumayan terkumpul (biarpun baru sedikit) di freezer khusus Asi Naya.
(Tau ga, akhirnya freezer ini dibeliin mama setelah liat perjuangan Meta ngasih Asi hehe)

Asi Meta engga berlimpah ruah kaya temen yang sekali mompa bisa dapet sampe 250cc. (Huks, mupeng). Meta skali mompa cuma bs dapet 50-60cc, malah sering juga kalo mompa sambil nyusuin Naya cuma dapet 20cc. Tapi tetep meta simpen. Karena ampir tiap jam mompa, yang tadinya sedikit itu kan pasti bisa jadi banyak:) (Menghibur diri hehe)

Kalo dulu2 Meta mau pergi cuma bawa HP, dompet aja engga saking pemalasnya hehe, nah sekarang tiap pergi bawaan Meta kaya mau perang.

Mulai breastpump, botol susu, celemek menyusui, cooler bag, ice gel,sampe plastik pnampung Asi. Yg mau pindahan aja kalah:p

Kemaren pas mau potong rambut, Meta sempet mompa Asi di salon. Dan buntutnya malah ngasih penyuluhan tentang Asi ke kapster2 yang pada nanya2 hahaha.

Semoga bisa ngasi Asi eksklusif buat Naya sampe 6 bulan. Syukur2 bisa ngasih Asi sampe Naya 2 taun.

Ah ya, pernah ada yang nanya ke Meta kenapa sekeukeuh itu ngasih Asi eksklusif sampe harus masang alarm tiap 2 jam buat mompa. Biar iritkah? Hahaha.. Bukaaaan, irit itu cuma 'bonus' aja sih.

Selain karena emang Asi adalah yang terbaik, sunnah Rasul juga menganjurkan Asi sampe 2 taun bukan?

Emang hak Meta untuk milih mau make susu kaleng atau Asi buat Naya. Tapi adalah hak Naya buat dapet Asi, dan sudah kewajiban Meta ngasih apa yang jadi hak Naya:)

I'll give the best for my kid, whatever it takes:)

3 comments:

mata said...

Kak Meta... Ayo nerbitin bukku lagi... :D Aku suka bgt hampir semua entry nya kakak.

Anonymous said...

semangat ya!!!!
masih asi kan, soalnya agak mirip sama cerita saya....

Dwi Aryanti said...

Pengasuhku juga kaya gitu, sotoynya minta ampun. Pengen rasanya nge'cut' juga. Tapi dah jadi idola kakek neneknya (secara msh numpang di rumah ortu) :'(

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...