Monday, December 1, 2014

Kamus Besar Bahasa Indonesia

..versi online adalah salah satu web yang paling sering saya buka akhir-akhir ini. Alhamdulillah, thanks to technology, saya tidak perlu berepot-repot membuka buku yang beratnya minta ampun itu karena sudah ada versi onlinenya.

Bukan karena saya sedang menulis buku, bukannya juga karena sedang menyusun karya ilmiah. Satu-satunya alasan saya rajin mengakses KBBI online ini tak lain dan tak bukan karena makhluk kecil berjudul Naya.

Sejak dulu, saya memang sudah selalu kewalahan menjawab pertanyaan Naya yang beragam di segala bidang dan tak berbatas. Tidak ada hentinya.

"Mama, kenapa Allah bikin manusia hidup kalau nanti pasti meninggal juga?"
"Kata Mama Allah itu Maha Pintar, kalau memang betul kenapa Allah bikin manusia yang nakal yang harus masuk neraka? Mustinya kalau Allah pintar bikin manusianya yang pintar semua dong."
"Mama orang yang pertama kali bisa baca siapa? Yang bikin huruf-huruf itu siapa?"
dsb..dsb.. *emaknyamewek*

Selain pertanyaan-pertanyaan "kompleks" macam itu, sekarang Naya justru sedang hobi sekali menanyakan hal-hal sederhana yang basic. Tapi justru karena sederhananya, saya terkadang kesulitan menjelaskan artinya pada Naya.

Misalnya saja,
Naya: "Mama, benda itu artinya apa sih?"
Saya: "Benda itu barang kak, sesuatu yang berwujud."
Naya: "Wujud itu apa?"
Saya: "Wujud itu bentuk kak."
Naya: "Bentuk itu apa mama?"
Saya: "Bentuk itu lingkaran, kotak, segitiga, macam-macam kan."
Naya: "Kalau angin itu bukan benda?"
Saya: "Benda kak."
Naya: "Emang apa bentuknya kalau angin?"
Saya: "Errrrrr... *bingung sendiri*

Setelah mencari di KBBI, saya jelaskan pada Naya bahwa benda adalah semua yang bermassa (punya berat) dan berwujud, bisa benda padat, cair maupun gas. Duh terbantu sekali saya dengan KBBI online ini, woohooo!

Kesempatan lain,
Naya: "Mama cita-cita itu apa?"
Saya: "Cita-cita itu keinginan kak. Misalnya kakak kalau sudah besar mau jadi dokter, nah artinya cita-citanya kakak jadi dokter."
Naya: "Kalau kakak pengin makan es krim, berarti cita-cita kakak makan es krim ya ma?"
Saya: ................ *tariknapaspanjang*

Belum lagi setiap Naya mengenal lagu baru yang di dalam syairnya terdapat kata-kata baru. Wah bisa dipastikan pertanyaannya bertambah panjang.

"Mama terbentang itu apa?"
"Kalau arahan itu apa?"
"Kalau bimbingan?"

ZzzzZZZzzzzz... hahaha, terimakasih KBBI!

2 comments:

Ummu Salim said...

Assalaamu'alaikum...maaf ya, dok, kalau menjelaskan jawabannya kpd Naya sy bingung. Tapi untuk menjelaskan kpd doktr Meta *kali aja bisa mengolah kata dr sy*, saya bisa.
Allah menciptakan kita untuk beribadah, dalilnya:
wamaa kholaqtul jinna wal insa illaa liya'buduun (dan tdklah Aku Allah menciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah kepadaKu).
[Qur'an Surah 51/adz-Dzaaryaat ayat 56]
semoga bermanfaat

rahma ddy said...

Ini kok sama ya dengan Edsel. suka nanya hal2 yg basic dan 'aneh2', dan bikin saya bingung cari jawabannya. Trims sharingnya mb Met

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...