Saturday, April 28, 2012

Growth Spurt

Ni ASI Meta yang ga cukup kali ya? Kok Naya nempel terus, rewel banget pula, minta mimik terus kaya ga kenyang-kenyang.
"ASI ibu engga bagus bu, makanya adek nangis terus. Itu engga ada isinya cuma air tok. Ya engga bakalan kenyang." Once, my -former-babysitter said.
Lain waktu, babysitter yang sama komen, "Bu, dipompa aja hasilnya cuma 20cc gini, kasian bu adek kelaperan. Liat deh bu, udah kecil jadi tambah kecil gini".
Lain lagi dengan mama yang sudah Meta jelaskan kalau ASI itu pasti cukup, engga bakalan kurang kalo disusuin terus. Gini komentarnya, "Terserahlah, kamu yang dokter anak, kamu yang ngerti, tapi mama jelas ngerti kalau cucu mama rewel nangis terus kelaperan. Jangan egoislah, kasih susu kaleng dulu emangnya kenapa?"
Flashback ke 14 bulan yang lalu, waktu Meta baru melahirkan Naya dengan niat segunung untuk menyusui eksklusif. Nobody told me that breastfeeding was not easy. Emang salah Meta juga sih, engga mencari informasi sebanyak-banyaknya soal ASI sewaktu hamil. But I have the reason. Selain karena Meta teler dan terkapar tak berdaya terus waktu hamil, penglihatan pun terganggu yang tentu saja menghalangi niat untuk online shopping. Eh maksudnya untuk browsing mengumpulkan info soal ASI:p
Alhamdulillah, begitu melahirkan, ASI Meta langsung keluar. Dan nakes di rumah sakit tempat melahirkan sangat mendukung pemberian ASI, jadi selama di RS itu, Meta engga punya masalah berarti soal menyusui.
Setelah pulang ke rumah dan menyadari Naya jadi tambah rewel, tidak mau tidur, minta mimik teruslah yang bisa dibilang masalah Meta pertama dalam menyusui. Bingung, galau,panik bercampur jadi satu. Just FYI, masalah-masalah menyusui seperti ini engga diajarkan di kurikulum dokter anak secara khusus, jadi wajarlah kalau Meta bingung setengah mati.
Dilema. Bener nih ASI Meta cukup? Teorinya sih pasti cukup. Tapi kenapa Naya nangis terus minta mimik dan kaya engga kenyang-kenyang?
Rakus banget pula.
Thanks to technology, setelah browsing sana sini, Meta akhirnya menemukan si Growth Spurt ini sebagai 'biang' dari masalah Meta.
Growth Spurt alias percepatan pertumbuhan adalah suatu fase dimana pertumbuhan bayi akan mengalami percepatan dan membutuhkan nutrisi lebih banyak dari biasanya. Ini merupakan hal yang sangat normal, baik pada bayi ASI maupun bayi sufor. Hanya saja, yang pasti lebih terasa adalah bayi ASI karena emaknya jadi susah tidur, susah bergerak karena dipepet terus sama bayi yang minta nenen:p kalau sufor kan tidak harus nempel, bisa diwakilkan orang lain untuk memberikan sufor.
Biasanya periode growth spurt ini akan berlangsung sekitar 2-3 hari, walaupun ada juga yang lebih kaya Naya, 6 hari bo! Kebayang telernya sang emak. Engga bisa ditinggal sama sekali.
Periode growth spurt ini juga biasanya akan terjadi saat bayi berusia 1 minggu, 3 minggu, 6 minggu, 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan. Dan masih akan berlangsung sampai usia remaja. But well, babies don't read calendar, jadi bisa saja terjadi di luar umur tadi.
Positifnya, selama growth spurt, produksi ASI kan dirangsang terus, jadilah setelahnya ASI melimpah ruah:D selain itu, berat badan sang emak ikut menurun drastis berlawanan dengan berat badan bayi yang meningkat jauh*bigsmile*
Emang capek banget, kadang ikut engga bisa tidur semaleman, mau pup apa pipis juga bingung karena bayi engga mau dilepas sebentar aja. Tapi ya itu tadi, kebayar semua kok!:D
Meta jadi mikir-mikir nih. Mungkiiiiin, banyak ibu yang ngomong "ASInya engga cukup", "ASInya sedikit" dsb dsb itu mengalami growth spurt ini tanpa tau kalo sebenarnya ini normal. That's why, menurut Meta sangatlah penting terinformasi segala macem soal ASI sebelum punya bayi. Jadi kalo ngalamin hal-hal kaya gini, tau apa yang harus dikerjain dan engga panik.
Tips buat yang bayinya lagi mengalami Growth Spurt:
1. Makan yang banyaaaak. Minta tolong suami nyuapin kalau perlu, karena pas GS ini bayi rewel banget engga mau ditinggal bahkan untuk makan pun.
2. Kalo bisa, jangan pake simpenan ASIP. Sesuai prinsip demand and supply, semakin sering disusui, semakin banyak juga produksi ASI. Kadang emang capek banget sih. Sesekali bolehlah, kalo emang butuh istirahat banget, pake ASIP sementara kita istirahat dulu.
3. Siapin balabantuan yang bisa mijet:p seriuuus pegel banget soalnya:))
4. Sabar2 yaa, inget, semua ada balasannya. Bercapek-capek dahulu, anak sehat kemudian:D
5. Enjoy! Nanti pasti bakal kangen banget sama masa-masa bayi bisa disusui dengan tenang:D Naya sekarang kalo nenen bisa sambil akrobatik narik PD kemana-mana:@
Good luck mamas!:D
Sent from my PurpleBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT


















4 comments:

Astri said...

Kalau dari kasus yang aku temui. kadang oversupply atau forceful LDR pun suka disalahartikan sebagai bayi menolak menyusu :( aah so many things are not understood by mothers, families aaaand HEALTH CARE PROFESSIONALS :(

sally said...

sama ya dg kondisi ku saat ini, bayiku usia 7 minggu, tp dr usia 3minggu, nyusunya ga mo lepas T_T apa itu jg growth spurt yg berlarut n berlanjut...mo lepasnya malam ja, ada yg bs bantu ngakalinnya

nindira28 said...

Persis banget sama baby'ku Shana.. Sekarang umur dia 11 hari.. Dari sekitar dia umur 7 hari.. Dia mulai nangis terus minta susu terus dan ga mau di lepas or di tinggal sedikitpun..

Anonymous said...

Tnyata byk mommy2 yg ngalamin spt sy *terharu*. My baby mulai umur 40hr dah menunjukkan tanda2 di atas,sking bingungny ampe dikira si baby 'ketempelan' makhluk halus hahahaa.. Ternyata ad istilah GS toh *baru-tau*. Smoga ja ni awal babyku jd lbh pintar. Semangat y para Mommy ;)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...