Wednesday, August 17, 2016

Workshop MPASI

Sebelumnya disclaimer dulu ya, berikut ini adalah beberapa postingan yang sudah terlambat -banget-;) But well, better late than never right? Saya sibuk bukan main beberapa waktu terakhir ini, dan baru bisa menulis untuk blog saat tanggal merah hehe. Enjoy!

Salah satu pertanyaan yang seringkali saya dapatkan sebagai dokter spesialis anak adalah mengenai MPASI. Banyak orangtua yang galau menjelang anaknya berusia 6 bulan. I know that feeling of course since i've been there and done that. Makan apa pertama kali? Berapa kali sehari? Berapa banyak sekali makan? Belum lagi jaman sekarang banyak "teori" bertebaran mulai dari BLW alias Baby Led Weaning sampai teori sebaiknya sayur diberikan pertama kali. Lalu yang seharusnya seperti apa?

Selain itu, yang menjadi concern lain adalah apakah menu MPASI yang dianjurkan sudah memenuhi kebutuhan nutrisi anak? Bukan hanya sekadar melihat indikator berat badan naik, tapi kebutuhan zat besi dan mikronutrien lagi ya maksudnya.

Sayangnya, tidak semua dokter spesialis anak juga mengetahui hal ini. Karena saya sedang mendalami ilmu Nutrisi dan Penyakit Metabolik pada anak, saya sedang rajin-rajinnya membaca penelitian atau rekomendasi ilmiah mengenai pemberian MPASI.

Beberapa bulan yang lalu, kami di divisi Nutrisi dan Penyakit Metabolik berdiskusi untuk merencanakan acara workshop alias pelatihan untuk dokter dan dokter spesialis anak. (This is one of the reason why i've been so busy;)).

Sejujurnya perencanaan acara ini agak susah karena kami memutuskan tidak menggunaan sponsor. Jadi deh, saya rajin-rajin survei toko buku online dan offline untuk mencari bahan workshop yang semurah mungkin. Untung banget saya ratu survei:p

Alhamdulillah, acaranya banyak peminat dan melebihi kuota yang kami rencanakan.  Bertempat di hotel Harris Gubeng Surabaya, selama sehari penuh workshop "Pemberian MPASI Untuk Mencegah Anemia Defisiensi Besi" berlangsung dengan lancar.

Oh ya, rencananya kami juga akan membuat acara serupa untuk orang awam. Berminat? Tunggu tanggal mainnya ya;)

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...