Sunday, November 4, 2012

Review Sekolah Part-2

Di tengah ke-hectic-an, Meta baru nyadar kalau Kids Fest Edufair aka pameran pendidikan anak yang udah ditunggu sejak lama itu diadain bulan ini. Duh, biarpun sambil ngantuk-ngantuk dengan setengah nyawa, wajib dateng nih! Kapan lagi bisa survei banyak sekolah dalam satu waktu? Dan tentu sajaaaa, banyak diskon yang ditawarin?:p

Jadilah siang itu setelah urusan perumahsakitan kelar (Alhamdulillah ya Allah, kalau Sabtu cuma setengah hari), berangkat deh Meta sama Naya yang excited dibawa pergi setelah beberapa lama ngendon di rumah aja.

Acaranya digelar di Grand City Surabaya. Kami sempat muter-muter karena bingung tepatnya di sebelah mana Grand City acara ini diadain. Kebetulan pada hari yang sama, ada banyak sekali acara disana. Setelah tanya kiri-kanan, sampai juga kami di acara tsb.

Kesan pertama, wah banyak sekali nih sekolah yang harus dilihat. Seruangan penuh! Mulai Kinderland, IPH, Elyon, Gracia, SpinS, LOGOS, Surabaya Montessori School, sekolah musik Irama Mas, KELT, Bumble Bee, Godwins, Cikal, Whizkids, Speak Up, Natassa, Singapore International School, dll. Karena teler banget, Meta memutuskan hanya akan menyurvei beberapa sekolah yang menarik dan sudah diincar sejak dulu kala. Sementara itu, Naya pun engga kalah sibuknya mengejar-ngejar balon-_-"

Ini dia hasil survei part 2 Meta buat sekolah Naya:

1. Bumble Bee
Galaxy Bumi Permai E7/6A
031-5952176
Ada beberapa cabang juga di Darmo Permai, Delta Waru, Cipete Jakarta dan di Jakarta Timur.

Booth sekolah ini eye-catching banget di pameran. Warna-warni dan tempatnya strategis. Selama Meta nanya-nanya, Naya main balok warna-warni disini.

Programnya ada art and creativity, cognitive skill, sand and water play, music time sampai pretend time. (Kayanya Naya bakal suka nih pretend time, secara ni bayi dramaaaa banget).

Bahasa pengantar sekolah ini adalah 95% Inggris.

Kurikulum: Mengembangkan fisik, sosial,emosional dan intelektual anak dengan play-orientation, sesuai taglinenya, "Play is the work of childhood".

Untuk anak 2 tahun, kelas yang ada adalah pre K1. Masuk seminggu 3x, masing-masing 2 jam pertemuan.

Biaya:
Enrollment fee: Rp. 3.000.000,00
(Selama pameran diskon jadi Rp. 2.550.000,00. Lumayan banget kan?)

Monthly fee: Rp. 550.000,00

Komen Meta:
Lokasinya deket dari rumah, cuma Meta belum pernah liat keadaan kelasnya. Luas/engga, ada playground outdoornya apa engga, dll. Worth to try deh! Nanti kalau ada waktu (entah kapan errrrr), Meta pasti bakal ngedatengin sekolah itu langsung:)

2. IPH Playgroup
Jl. Nginden Intan Selatan 49
5922927

Jl. Pattimura - Plaza segi 8 blok D
7340316

Meta pernah dateng dan observasi sehari penuh cara mengajar di sekolah ini pas lagi syuting acara anak-anak (Shame on me, lupa euy nama acaranya apa ya hahaha) buat SBO TV. Untuk kepentingan syuting tadi, Meta ikutan masuk ke salah satu kelas dan mengajar anak-anak lucu di kelas playgroup menyanyi. Waktu itu sih, sempet kepikiran 'Ah nanti kalau punya anak, disekolahin disini aaaah'. Jadi pas tau IPH buka booth juga di pameran, semangat 45 deh surveinya!

Kurikulum: Full dalam bahasa Inggris. Misinya adalah to partner with the parents to prepare the next generation of Godly leaders.  Taglinenya adalah wonderful and powerful.

Ruangan kelas: karena terletak di ruko, halamannya engga terlalu luas, jadi ruangannya tersebar dari lantai 1 sampai lantai 3. Full AC.

Untuk kelas playgroup (2-3 tahun), masuknya seminggu 3x, masing-masing 2 jam.

Biaya:
Enrollment fee : Rp. 12.325.000,00
Monthly fee : Rp. 670.000,00

Komen Meta:
Dibawah logo IPH selalu tertera Proverbs 24:3 yang Meta tau diambil dari kitab injil. Jelaslah bahwa sekolah ini mengajarkan agama yang entah Katolik / Kristen. Sebenernya, Meta engga keberatan sih kalau Naya sekolah di sekolah Katolik/Kristen. Just fyi, Meta sekolah di sekolah Katolik sejak kelas 1 SD sampai 3 SMP walaupun setiap sore tetap harus mengaji ke TPA mesjid sebelah rumah.

Cuma, yang bikin agak mikir-mikir lagi adalah karena ini adalah pendidikan usia dini-banget-, Meta rasa basic yang harus diajarin ke Naya adalah agamanya sendiri dulu, Islam. So, engga dulu deh ya. We'll pass this one:)

3. Surabaya Montessori School.
Jl. Manyar Rejo No. 89
5965816
www.surabayamontessori.com

Kurikulum: Pastinya Montessori dong yaaa. Udah pernah denger soal Montessori? Intinya, kurikulum ini lebih menekankan pendidikan berdasarkan keunikan masing-masing individu. Karena semua anak adalah unik, bener kan?
Bahasa pengantarnya Inggris dan Mandarin. Tenaga pengajar berbanding murid adalah 1:5. Murid diajarkan untuk mandiri dalam practical life.

Ruangan kelas: kalau lihat foto-fotonya sih lumayan luas dan ada playground outdoornya juga.

Untuk playgroup 1 (2-3 tahun), masuk seminggu 5x, masing-masing 2 jam.

Biaya:
Enrollment fee: Rp. 22.000.000,00
(Selama pameran diskon jadi Rp. 18.700.000,00)
Monthly fee: Rp. 950.000,00

Komen Meta:
Eh? Seminggu 5x? Naya pasti teler deh ini:p selain itu, ada bahasa Mandarinnya juga yang pasti engga kepake karena emak bapaknya engga ada yang bisa. Jadi yang ini pun skip dulu:)

4. Godwins
Jl. Raya Tenggilis 27-29
843-5555

Ini nih sekolah yang cukup terkenal di Surabaya. Biarpun engga sesuai sama kriteria (karena jauh dan bermandarin ria), Meta tetap menyertakan sekolah ini dalam daftar survei karena kepo. Biasalah ya emak-emak:p

Kurikulum: mengajarkan percaya diri pada anak, mereka juga akan dididik suka belajar. (Ini sih kayanya yang butuh emaknya deh! Gimana caranya biar emaknya bisa suka belajar baca textbook ya? Haish! Malah curhat)

Programnya ada motoric skill, reading readiness, life skill, math concept, convo in English and Mandarin.

Untuk 2-3 tahun, namanya kelas nursery.

Biaya:
Enrollment fee: Rp. 10.000.000,00
Uniform fee: Rp. 400.000,00
Material fee: Rp. 300.000.00/year
Monthly fee: Rp. 800.000,00
Registration: Rp. 250.000,00

Komen Meta:
Seperti yang Meta bilang diatas, engga sesuai kriteria, emang cuman kepo aja. Semoga bisa berguna buat yang emang pengen nyekolahin anaknya disini:)

5. Irama Mas Music School
Jl. Sulawesi 57
5032444

Ada cabangnya di Wisma Permai, Darmo permai sama Tegalsari.

Ini bukan seperti sekolah lain yang Meta survei, tapi merupakan sekolah musik. Karena Meta dan suami punya basic musik, kami sama-sama pengen Naya pun begitu. Lagipula, Naya suka sekali berhubungan dengan musik sejak bayi. Sekarang, hobinya menari, menyanyi dan mengacaukan emak kalau lagi main piano.

Untuk kelas umur 2 tahun, namanya Music Fantasy.

Disini, anak diajarkan bernyanyi bersama, mendengarkan musik dan bebas berekspresi dengan tubuh saat Joyful Rhythm.

Kenapa Irama Mas? Simple, karena deket banget dari rumah. Tinggal naek becak:))

Biaya:
Registrasi: Rp. 300.000,00 (Selama pameran diskon jadi Rp. 150.000,00)
Buku: Rp. 200.000,00
Uang bulanan: Rp. 330.000,00

Komen Meta:
Yes, will definetely try!

Selama di pameran, Naya sibuk keliling. Melihat binatang di mini zoo, ikutan main di kolam bola sampai minta dibelikan buku. Alhamdulillah, keinginan Meta selama ini tercapai. Sejak jaman belum punya anak, bahkan belum nikah, Meta selalu bercita-cita kalau kelak punya anak, harus cinta buku!

Hasilnya Naya sekarang suka banget baca buku. Bahkan mainan apapun -termasuk sepeda kesayangannya atau apapun berbentuk Hellokitty- pasti bakal ditinggal kalau ada buku. Yaaay!

Anyway, setelah survei sekian banyak sekolah, jadinya sekolah manakah yang Meta pilih buat Naya?

Errrrr.. Kasih tau engga yaaaa:p

Sent from my PurpleBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

1 comment:

Mayo said...

Hi Meta, salam kenal yah. Thanks sdh bikin postingan ini, berguna banget buat aku :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...