Thursday, April 23, 2009

Umrah Umrah..

Alhamdulillaaaahh..stelah sempet ktunda beberapa bulan, akhirnya meta jadi juga mjalani ibadah umrah, mulai 28 Maret sampai 7 April 2009. Weks.. smua kerjaan dikerjain duluan biar ga bikin kepikiran, jadi aja meta mbanting tulang*halah lebay mode ON* sebelum berangkat:p

-salah satu pnyebab knapa blog ini jadi jarang diupdate, maap yesss-

Rute yang ditempuh dimulai dari Semarang trus ke Jakarta, lanjut ke Jeddah-Madinah-Mekkah-Jeddah-Jakarta-Semarang.

Banyaknya cerita yang ‘ajaib’ di tanah suci yang udah sering meta denger dari orang-orang sempet bikin meta rada keder juga. Wedew, kira-kira meta bakal ngalamin kjadian apaan ya dsana? Serem..sampe deg2an sgala lho ini.. Tapi ya sudahlah, Bismillahirahmanirahim aja..

Daaaaaaaaaaan emang bener skali sodara2, banyak bangat pengalaman yang menurut meta rada ga makin any sense kjadian dsana, but it was really happening..

Dimulai dari kjadian yang bukan dialamin meta sendiri yaaa.. Ini pengalaman dari rombongan tetangga meta. Rombongan itu kan tdiri dari bapak2, ibu2, smua yg ada disini*kok malah nyanyi lagunya inul:p* yang usianya macem2, nah ada seorang ibu berusia lanjut yang kemana-mana harus naek kursi roda. Musti didampingi terus sama anaknya buat ngapa-ngapain. Meanwhile, masih di rombongan yang sama ada seorang pemuda*cieh pemuda:p*yang masih muda-ya iyalaaah..kalo udah tua namanya jadi petua-dan sempet ngebatin*Cuma ngebatin lho yaaa, ini dia sendiri yang cerita* “wah..kok orang setua ini disuruh ikut umrah si, kalau kmana2 harus naek kursi roda kan disananya malah bakal ngerepotin smua orang” à sambil ngelirik sang ibu tua.

And u know what, jengjeeengjeeeeenggg..selama ibadah umrah, justru sang pemudalah yang kmana-mana dan ngapa2in musti pake kursi roda. Sementara ibu tua tadi? Justru bisa ngelakuin apa pun seorang diri tanpa dibantu kursi roda. Hmphhh..aneh kan?

Pengalaman lain, ini dialamin sama oom meta yang kebetulan ikut pergi umrah bareng. Jadi ceritanya, kami tu dikasih pengarahan sama muthawif-baca: kaya smacam guide gitu deh-tentang macem2 hal. Termasuk diantaranya : “ Kalau kemana-mana harap perhatikan baik2 pintu atau jalan keluar masuk, soalnya mirip2 nanti malah nyasar ga bisa keluar”.

Sore2 mjelang waktu Ashar, sambil nunggu azan berkumandang, oom meta tcintah bniat buat jalan-jalan ke pusat pertokoan yang letaknya tuh persis di depan mesjid. Pas masuk, sambil nginget2 pesen dari muthawif, beliau ngebatin “masa bisa nyasar di tempat kaya bgini. Please deh, di Jakarta juga banyak kaleeeee mal yang juauhhh lebih luas dan lebih besar dari bginian”.

Eng ing eeeeengg.. pas mau keluar, oom meta ga bisa nemu pintu keluarnya dong! Muter-muter ga jelas sampe berjam-jam. Nanya orang, udah ditunjukkin tapi tetep aja ga nemu. Huehhh..untung aja beliau sadar, langsung istighfar aaaannnddd...jengjeeengjeeeeng.. bgitu selesai istighfarnya, tu pintu kluar yang dah dcari2 sejak tadi ujug2 aja ada di depan matanya. Hyaaaahhh... Aneh tapi nyata..

Giliran pengalaman meta sendiri nih..

Hari ptama, bgitu nyampe di Mekkah, ceritanya kami serombongan langsung menyelesaikan ibadah umrah. Bgitu selesai *pas meta liat jam, udah jam 2 pagi waktu sana*, banyak anggota rombongan yang pengen ke kamar mandi dulu sbelum balik ke hotel. Meta males kesana berhubung masyaAllah antriannyaaaa.. jadi meta bilang meta nunggu aja deh.

Setelah nunggu lamaaaaaaaaaaaaa*u know how much i hate this activity:p*, meta pikir drpd meta ky orang bego nganggur nunggu ga ngapa2in, ah thawaf sndiri ahhhh..*tanpa tau bahayanya, baru tau stelah itu gara2 dikasihtau orang2*

Yang thawaf buanyaaaak banget, lautan manusia deh, tapi kbanyakan rombongan jadi mreka saling pegangan gitu.. Awalnya meta ga ngerti knapa musti pake pegangan sgala, tapi akhirnya jadi tau deh, biar ga kseret2. Beneran, meta yang sndirian klelep di antara lautan manusia yang posturnya jauh lebih gede dr meta. Hyaaahhh..udah hipoksia kekurangan udara saking ga ada space, meta juga kdorong-dorong, kseret-seret entah kmana. Ngikutin aja deh daripada malah mati konyol kalau brusaha ngelawan. Udah gelap pandangan aja tuh hueh.. Begitu nyadar, di depan meta item smua... gelaaaaap..huhuhuhu..meta udah ktakutan aja, serius asli takut banget. Kirain udah ada di alam mana gitu huhuhuhu..

Beberapa detik bengong, mengumpulkan ksadaran dan berusaha mmasukkan oksigen ke otak, meta baru nyadar teman2.. Ternyata kgelapan yang persis ada di depan meta itu adalah kain pelapis Ka’bah:) Yups, exactly right in front of my eyes.

Girang bukan kpalang karena ga nyangka bisa sdeket itu sm Ka’bah, meta ga buang-buang waktu, langsung brusaha nyentuh slama-lamanya. Sampaaaii..tiba-tiba ada orang yang ga meta kenal treak2 ke meta, meta cm ngeliat dia dengan pandangan *ngemeng epe si ni orang* soalnya bnr2 hv no idea dia ngomong apa. Ujug2 dia ngedatengin meta, trus ngangkat meta sampe bisa nyentuh Hajr Aswad. Wuiiiihhh.. meta sampe shocked, scara yang ada di skitar situ tu cowok smua yang badannya gede2, tinggi kan jadi ga nyampe. Tapi bhub diangkat, horeeee bhasill bhasillll bhasiiillll... *btw tu org siapa ya? Hmphhh...*

Masih belum slesai ini sodara2, stelah bhasil mnyentuh, dia treak2 lagi ke meta dan meta masih ga nyadar juga ga ngerti dia ngomong apaan. Ternyata dia nyuruh meta shalat di depan Kabah. Meta ngelirik ke belakang, dan bengong ngeliat tu orang. Serius ni dia nyuruh meta shalat dsana? Di belakang tuh meta bisa ngeliat btapa orang bdesak-desakan, injek2an, kdorong2 sgala,saking penuhnya. Emang bisa apa meta shalat disitu? Tapi meta pikir yasudahlah, kapan lagi? Dicoba aja.. Tau ga siiiii, bukan Cuma 2 rakaat, tapi meta bisa shalat sampe 8 rakaat disitu, yang amazing, tanpa sdikit pun tsentuh orang lain. Tanpa tdorong, tanpa keinjek, dan tanpa2 lainnya. Bener-bener aman sejahtera damai sentausa, Alhamdulillaaaaaaah:)

Slesai itu, meta mau ngucapin trimakasih ni ceritanya, tapi org td udah ga ada.. hyaaaahhh..sapa yaaa dia? *mrinding sndiri*

Dengan suka cita sorak-sorai bergembira, meta balik ke hotel sndirian, dan dsambut dengan omelan orang skampung. Hiks.. Jadi meta baru tau stelah diomelin itu kalau dsana cewek tu ga oleh pergi atau jalan sndirian karena bahaya banget. Bisa diculik orang sana*sapa juga yang mau nyulik meta si*,dan karena emang jalannya mirip2, bahaya nyasar itu sering skali kjadian. Huehhh..alhamdulillah meta ga ngalamin yang bahaya2 itu.. Maaf ya buat smua anggota rombongan umrah meta, bukan bermaksud bikin khawatir:(

Bener2 pngalaman yang ga ada duanya deh.. pengen lagiiiiiiiiiiiiiiiii!

Masih banyak crita yang aneh2 hehehe.. sabar yes, satu2!:p

2 comments:

fahmi! said...

wah, kejadiannya mirip sama ceritaku. tahun 2008 kemaren aku juga sempat kebawa arus, kedorong2, sampek akhirnya dapet cium hajar aswad. padahal badan asia yg kecil gini asli nggak bisa diadu sama orang2 arab/afrika yg gede2 kayak raksasa itu, bisa penyet patah tulang aku.

dan ketika kepala akhirnya masuk kesana, rasanya sama sekali nggak ada yg narik ato sekedar nyenggol. rasanya sempat blank sesaat. benernya aku bisa berlama2 di pojokan hajar aswad itu kalo mau, tapi pengertian lah orang lain juga berjuang untuk itu, akhirnya menarik diri keluar.

beberapa cerita dan jepretan foto aku share disini:
http://neutrino.dagdigdug.com/category/umroh/

Meta Hanindita said...

siippp..liat ahhh..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...