Thursday, August 8, 2013

Ekstra

Beberapa hari terakhir ini, saya benar-benar kewalahan. Tanpa adanya ART dan babysitter andalan, tugas saya semakin bertumpuk-tumpuk. Bukan saja saya harus tetap bekerja -iyaa, saya engga libur. Mana ada pasien yang kenal kata libur?-, tapi semua pekerjaan yang biasanya saya delegasikan harus saya kerjakan sendiri. Jelas, saya engga bisa mudik ke Bandung untuk berlebaran dengan keluarga disana, untuk yang kesekian kalinya. Sedih:( And to make it worse, sebentar lagi saya akan menghadapi ujian. Boro-boro belajar, baru membuka buku sebentar saja sudah dikisruhi Naya.

Ah ya, ngomong-ngomong soal Naya, dari semua pekerjaan yang sedemikian banyaknya, mengasuh Naya adalah satu hal yang benar-benar menguji kesabaran saya. Saya sadar, memang anak seusia Naya sedang masanya untuk eksplorasi dan coba-coba. Semakin dilarang semakin dikerjakan. Saya deg-degan terus deh jadinya. Bayangkan, baru saja diberitahu bahwa api di lilin itu panas, alih-alih menghindari, Naya justru berusaha memegang api tsb. Dilarang ikut ke dapur saat ayahnya memasak, tiba-tiba anak gadis satu ini sudah nongol di depan kompor. Benar-benar suliiiiit dikasih tahu. Rasanya jantung saya tiap saat dipaksa olahraga terus karena khawatir.

Saya sempat curhat ke mama masalah ini. Saya bertanya ke mama 'Ma kapan sih waktunya kita bisa berhenti khawatir ke anak? Dulu waktu Naya bayi, aku khawatir terus. Takut Naya jatuh dari tempat tidur, takut kalau babysitternya jahat di rumah, takut sakit, takut ASIP kurang, takut nursing strike sampai takut tersedak. Sekarang Naya sudah toddler, sudah 2 tahun, masih saja khawatir. Takut Naya pegang-pegang kabel listrik, takut Naya terpleset di kamar mandi (hobinya joget2 pas mandi), takut ikut ke dapur dan terciprat minyak, takut macem-macem. Kapan selesainya sih? Aku capeeeek!' *setengah berkeluh kesah*

Mama saya bilang:
'Engga akan ada habisnya. Seumur hidup kamu akan khawatir terus. Itu namanya ibu. Mama dulu juga gitu. Lepas kamu toddler mama khawatir kamu meniru teman-teman yang nakal di sekolah, takut kamu jajan sembarangan, takut kamu diculik orang, takut kamu engga bener sekolahnya, takut kamu terluka waktu main sama temenmu, takut kamu dibully temen. Gedean dikit, mama tambah khawatir. Takut kamu kena drugs atau free sex, takut kamu bergaul sama orang engga bener, takut kamu engga bisa diterima kuliah yang bagus, takut kamu jatuh cinta sama orang yang salah, takut kamu patah hati, takut kuliahmu engga selesai, takut kamu engga makan bener karena kost, takut karena kamu jauh dari mama dan mama engga bisa ngawasin kamu langsung, takut gegara siaran kamu berubah, takut kamu lupa shalat, lupa agama, takut kamu kenapa-kenapa. Sampai kamu nikah dan punya anak pun mama masih khawatir. Apalagi kalau lagi engga ada ART atau babysitter. Mama takut kamu sibuk ngurus yang lain sampai engga sempet ngurus kesehatanmu, takut Naya jadi engga keurus, takut kamu makannya asal-asalan karena engga ada yang masak. Engga ada berhentinya memang. Lah masa mama mau ngelarang kamu sekolah biar bebas bully, biar engga usah jajan? Masa mama mau ngelarang kamu kuliah biar engga perlu kost jauh dari mama? Inginnya sih iya. Selama kamu jauh, engga pernah mama berhenti khawatir soal kamu. Seumur hidup kita selama menjadi ibu, kita akan terus khawatir. Tenang aja, engga bakal capek kok. Allah ngasih semua ibu ekstra sabar, ekstra kuat, ekstra ikhlas, ekstra sayang ke anak-anaknya. Mama aja bisa, kamu juga pasti bisa! Yang penting bekali anakmu pendidikan agama yang kuat, jadi kamu yakin apapun yang terjadi selama dasarnya kuat pasti akan kembali mengikuti dasar. Banyak-banyak berdoa Allah melindungi anakmu setiap saat. Jangan lupa terus berkomunikasi supaya anak juga terbuka."

*mbrebes miliiiiii* :')  

Saya asli speechless lho! Naif banget ya saya berpikiran kalau rasa khawatir itu hanya sementara saja. Banyak orang bilang jadi dokter itu berat. Salah satunya saya. Engga ada libur, waktu kerja panjang, tanggung jawab besar sekali sampai susah belajarnya. Tapi ternyata saya baru sadar, menjadi ibu jauh lebih berat. Bismillah, semoga saya bisa merasakan ekstra sabar, ekstra kuat, ekstra ikhlas dan ekstra sayang seperti mama saya. Amiiiin!

2 comments:

Mayo said...

Semangat ya Mbak Metta :) *hugs* Bagus banget kata-kata mamanya :)

Meta Hanindita said...

Iyaa, pasti semangat dong. Thank you ya;)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...