Friday, March 9, 2012

2 weeks to S2 ASI

Lagi liat kalender buat ngecek jadwal jaga, dan yaaaay.. tersadarkan kalo ulangtaunnya Naya tinggal 2 minggu lagi.

Selain ngerayain ulangtaun yang pertama, di hari yang sama, Meta juga ngerayain keberhasilan ngASI buat Naya nih:D

Waktu Naya lahir, target Meta engga muluk-muluk. Cuma pengen ngASI sampe Meta masuk sekolah lagi, sampe Naya umur 4 bulan. Cukup deh, mengingat begitu masuk sekolah, kesibukan bakal segudang. Belum tentu bisa pulang setiap hari:D

Nyatanya, Alhamdulillah, terlampauilah targetnya. Naya bisa ASIX sampe umur 4 bulan. Akhirnya, target Meta adalah ngASI sampe sebulan kedepan, sampe Naya umur 5 bulan. Sempet khawatir engga bisa karena jadwal jaga yang gila-gilaan tapi lagi-lagi ternyata target terlampaui. Begitu seterusnya. Setiap terlampaui, target berikutnya adalah ngASI untuk Naya sebulan kedepan. Engga muluk-muluk kan?

Alhamdulillah, as said before, tinggal 2 minggu lagi sampe Naya genap setahun disusui Meta::D

Susah? Ribet? Berat?
I wont hide the fact. It is:) Breastfeeding is easy, but its not that easy.

Kemana-mana harus bawa perlengkapan perang *lebay*. Mulai dari coolerbag, breastpump dan segala printilannya, icegel, botol-botol susu sampe apron.

Dengan kesibukan yang engga pernah bisa ditebak kapan berhentinya (kita engga bisa nolak pasien dateng bukan?:D Pernah lagi jaga IRD, asyik-asyik mompa, diteriakin 'Doooook, pasiennya ga napas!' Ngoookk. Boro-boro inget nasib pompaan, masih inget benerin baju aja udah Alhamdulillah:p), dan kerjaan yang juga hanya Tuhan yang tahu kapan selesainya, sangat susah buat mempertahankan konsistensi mompa.

Setiap hari, kerjaan Meta di rumah adalah mompa, mengganti waktu mompa di RS. Artinya: lupakan tidur nyenyak nan panjang untuk kesehatan dan kecantikan. 2 jam sekali, handphone ungu Meta pasti udah teriak ngebangunin, ngingetin mompa.

Kenapa harus 2 jam, Met? Yaaa.. karena entah kenapa, biarpun udah makan segala macem makanan yang konon bisa memperlancar ASI, dari sejak Naya kecil sampe sekarang, Meta cuma bisa dapet hasil pompa segitu-segitu aja. 20-30cc. Melas ya?:p Makanya, dengan mempersering frekuensi mompa, hasil yang didapet bisa dikumpulin dikit-dikit.

Jadi, jangan ada yang komentar ' Yaa syukurlah Met, kamu bisa nyusuin Naya sampe umur segini. Kan engga semua ibu dianugerahi ASI berlimpah ruah kaya kamu'. Please, dont.

(Engga sedikit komentar kaya gini lho, and trust me, it hurts me. A LOT.)

Tapi Alhamdulillah, bisa kok buktinya. Selalu cukup buat Naya yang mimiknya banyak itu.
Jangan komentar juga : ' Kamu sih enak Met, Naya mungkin mimiknya sedikit jadi ASImu bisa cukup. Kalo anakku mimiknya banyaaaak. Sekali minum bisa seliter mungkin *inisilebay:p*'

(Just FYI, selama ini Naya pun mimiiiik terus sampe Meta bingung kenapa ni bayi kok growth spurt melulu. Tapi beratnya naik terus, dan in fact udah catch up sama bayi-bayi yang ga prematur. Jadi jelasnya, ASI Meta cukup buat Naya, OKEEE? -->emosi sendiri;p)

Setiap hari galau di depan kulkas sambil ngitungin jumlah botol ASIP yang terus berkurang dan bahkan beberapa bulan terakhir cuma ada 1 botol aja setiap harinya. Kejar tayang engga mau kalah sama sinetron.

Pernah buang puluhan botol ASIP gegara freezer mati tak diketahui orang sampe cair semua, Buangnya pun dengan nangis sesenggrukan bak melepas suami dinas ke medan perang. Bolak/i ketinggalan coolerbag (padahal isinya ASIP cuma 20cc) di taksilah, di Rumah Sakit tetangga, di gedung inilah, di gedung itulah. Selalu dikejar sampe ketemu. Karena setetes ASI pun sangatlah berharga:)

Beberapa weekend terakhir ini sibuk berkencan dengan breastpump buat power pumping. (Bisa dibaca disini). Sampe eneg tiap liat breastpump.

Beberapa kali juga sempet kepikiran ' Ah, kayanya udah engga bisa ngASI lagi nih. Mungkin emang udah waktunya ditambah susu formula.' Dan, works like charm, selalu ada jalan untuk ngASI.
Subhanallah.

Emang bener deh, sudah disunnahkan, insyaAllah dimudahkan.

Ah ya, Meta bukan termasuk those judgemental mommies:D
Im owkay with those mommies that give formula to their babies. Sama sekali engga pernah (dan engga mau) memojokkan. Itu pilihan masing-masing yaa. Toh, formula pun bukan racun. Meta dari lahir minum formula kok, bisa jadi dokter sekarang:p

Tapiiiii, please, do very well informed before you decide to use formula.
Karena Meta yakin, selama ini, banyak ibu yang engga ngASI karena ketidaktahuan alias tidak well-informed tadi. Meta haqul yaqin, siapapun yang tau segala kelebihan ASI dan serba-serbinya (termasuk hanya sedikit persentasi ibu yang engga bisa menyusui anaknya, engga ada ASI yang engga cukup, engga ada bayi yang engga mau nyusui ibunya dll dll), kayanya formula malah jadi engga laku deh nanti:D
Today, more than 95% all chronic disease is caused by food choice, nutritional deficiencies and toxic food ingredients.

Doctor of the future will no longer treat the human frame with drugs, but rather cure and prevent disease with nutrition.

The best nutrition for (our) babies is breastmilk for sure. Why even think not to give it to our babies?:D

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...