Friday, October 24, 2008

Rontok

Tadi malem, temen meta di radio curhat tentang seberapa desperadonya dia karena rambutnya yang rontok banget. Udah berkali-kali dipotong pendek tp ttp aja rontok lagi rontok lagi..

Rambut adalah helai jaringan yang terbentuk dari protein yang disebut dengan keratin. Helaian ini memiliki akar dalam kantung rambut atau folikel. Setiap helaian tumbuh dari akarnya yang berada di dasar folikel. Akar rambut ini mendapat ‘jatah’ makanan lewat pembuluh-pembuluh kapiler yang tugasnya mengalirkan darah, juga oksigen. Setiap helai rambut mengalami tiga fase. Pertumbuhan, istirahat dan rontok. Sebenernya setiap hari rambut normalnya rontok 90-100 helai. Jadi, kalau rambut kita rontok kurang dari 100 helai tiap hari, jangan panik dulu mbakyuuu..normallll!

Rambut kita bisa dibagi menjadi beberapa jenis.
1.Normal
Rambut jenis ini karakteristiknya engga gampang lepek, dan juga engga gampang terlihat kusam. Keluhan-keluhan seperti rambut bercabang atau mudah patah jarang ditemui pada rambut jenis normal. Untuk merawat rambut normal, gunakan shampoo yang memang dibuat untuk tipe rambut ini. Kalau mau menggunakan perawatan tambahan, kita bias memilih creambath atau hair spa sebulan sekali. Conditioner juga boleh digunakan, tapi dalam jumlah yang cukup. Conditioner yang berlebihan bias bikin rambut kita jadi berminyak.

2.Kering
Rambut kering gampang banget terlihat kusam. Biasanya, jenis rambut ini dimiliki oleh kita yang sering ‘menyiksa’ rambut. Rambut yang diwarnai, direbonding, dikeriting atau sering ditata dengan bahan-bahan kimia contohnya. Cara merawat rambut ini, selain menggunakan shampoo untuk rambut kering, gunakan conditioner dan creambath atau hair spa bias dicoba. Rutinlah creambath atau hair spa menggunakan bahan-bahan yang memang ditujukan untuk pemilik rambut kering. Dengan menggunakan alpukat, misalnya. Selain itu, hindari terus-terusan ‘menyiksa’ rambu. Kalau perlu, istirahatin dulu deh hair dryer kita di rumah. Mngeringkan rambut denga cara alami lebih sehat lho.. Biar bagaimana pun, rambut kita juga kan butuh bernapas. Rambut jenis ini juga sering sekali menjadi bercabang, mudah patah dan rontok.

3.Berminyak
Lawan dari rambut kering, jenis rambut ini mudah sekali lepek karena produksi minyak yang berlebihan. Rambut berminyak juga mudah kotor dibandingkan dengan jenis rambut lainnya. Maka dari itu, cucilah rambut lebih sering untuk merawatnya. Tentu saja, pilih shampoo yang emang khusus dibuat untuk pemilik rambut berminyak. Keluhan yang biasanya muncul adalah mudahnya rambut tipe ini berketombe.

4.Kombinasi
Yang dimaksud dengan jenis rambut kombinasi adalah rambut yang ujungnya memiliki karakteristik seperti jenis rambut kering tapi pangkalnya memiliki karakteristik seperti rambut berminyak. Cra merawatnya juga kombinasi dari cara merawat rambut kering dan berminyak.

1 comment:

shei said...

benci keramas pas mau ngampus, bikin rambut rontok siiih... Hukz...
another hair's desperado..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...